Meski Kali Pertama, Siswa Tak Grogi ikuti UAMBN BK

Rembang – Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer  (UAMBN BK) tingkat MTs telah dimulai hari ini, Rabu (20/3/2019) hingga Jumat (22/3/2019). Di beberapa madrasah terlihat, pelaksanaan UAMBN BK ini berjalan lancar tanpa hambatan.

Di MTsN 1 Rembang, ujian ini diikuti oleh 269 siswa kelas IX. Panitia ujian, Sudaryo mengatakan, ujian terbagi dalam tiga sesi yang masing-masing beralokasi waktu 90 menit.

“Peserta melaksanakan Ujian dalam tiga sesi di tiga ruangan. Sesi 1 pukul 07.30 – 09.00 WIB, sesi 2 pukul  09.30 – 11.00 WIB, dan sesi 3 pukul 13.00 –  14.30 WIB,” terang Sudaryo.

Selama pelaksanaan, tidak ada kendala berarti. Sebelumnya, siswa sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti simulasi UAMBN BK.

“Proktor juga sudah disiapkan, supaya ujian berjalan dengan lancar, terutama kaitannya dengan jaringan internat,” lanjutnya.

Siswa juga tampak lancar mengerjakan UAMBN BK ini. “Tak ada grogi. Karena ujian sistem Komputer ini sudah dilakukan pada UNBK. Selain itu, banyaknya simulasi juga sudah menjadikan mereka sudah mulai terbiasa mengikuti Ujian Komputer,” sambung Sudaryo.

Sehari sebelumnya, Selasa (19/3/2019), ratusan siswa ini secara khusus meminta restu kepada guru-guru agar diberikan kelancaran mengerjakan UAMBN BK.

“Kita juga memberikan bekal khusus kepada murid kelas IX dengan mematangkan mental mereka mengikuti ujian ini,” pungkasnya.

Demikian pula di MTsN 2 Rembang. Sebanyak 166 siswa mengikuti UAMBN BK secara bergiliran dalam tiga sesi. Ujian ini akan berlangsung selama tiga hari dengan mata pelajaran Alquran Hadis, Fikih,  dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).  (iq/gt)