Meski Sakit, Kana Tetap Ikut UAMBN

Purworejo – Pada pelaksanaan UAMBN-BK hari Rabu (13/3), tampak seorang peserta ujian berada di ruangan tersendiri tengah mengerjakan ujian. Dia adalah Kana Rosida, siswi kelas XII IPS 3 MAN Purworejo yang tidak dapat mengerjakan ujian dalam satu ruangan bersama dengan teman-temannya karena kondisinya yang sedang sakit. Kana harus mengerjakan ujian di atas bed karena mengalami kecelakaan pada Sabtu (2/3) malam.

Ketua Panitia UAMBN-BK Arif Baehaqi mengatakan salah satu peserta ujian memang mengalami kecelakaan belum lama ini. “Sebelumnya kita telah melakukan koordinasi dengan pihak keluarga. Dari hasil koordinasi tersebut, keluarga mendukung dan telah mempersiapkan antar jemput ke sekolah. Anaknya sendiri juga semangat dan secara medis kakinya yang terluka agak parah tapi secara keseluruhan kita lihat tetap bisa mengikuti ujian. Untuk itu kita siapkan tempat yang kondusif baginya. Sehingga Kana dapat tetap mengerjakan ujian sesuai kondisi fisiknya saat ini,” terang Arif.

Saat hal ini dikonfirmasikan kepada kepala madrasah, Khoirul Umam, beliau mengamininya. “Kami merasa bangga karena madrasah ini bisa melakukan yang terbaik dalam menfasilitasi secara maksimal demi suksesnya ujian ini,” ungkapnya. Harapannya, semangat yang ditunjukkan Kana Rosida dapat memotivasi 326 siswa yang lain dalam menghadapi UAMBN.

Dari kendaraan, Kana harus dibantu menuju ruang ujian dengan cara dipapah karena kakinya terluka. Saat mengerjakan soal, tampak sesekali dia meringis menahan sakit.(bsr-sgy/bd)