MGMP Bahasa Indonesia Selenggarakan PKB

Kendal – Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru bahasa Indonesia madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) bahasa Indonesia sebagai upaya untuk meningkatan mutu pembelajaran, Selasa (26/10).

Hadir membuka kegiaatan pelatihan ini, Kakan Kemenag Kab. Kendal, H. Mahrus menyambut baik kegiatan ini sebagai wadah bagi guru khususnya pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan kompetensi profesi sebagai pendidik.

“Kegiatan ini akan semakin memperkuat posisi sentral tenaga pendidik dalam peningkatan kualitas dan mutu pendidikan serta keberhasilan peserta didik, guru harus terus maningkatkan kompetensinya sesuai tuntutan zaman,” kata Mahrus.

PKB dilaksanakan dalam upaya mewujudkan guru yang profesional, bermartabat, dan sejahtera. PKB bagi guru memiliki tujuan agar dapat meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Selain itu, memfasilitasi guru untuk terus memutakhirkan kompetensi yang mereka miliki, serta memotivasi guru untuk tetap memiliki komitmen melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga profesional. Komponen PKB terdiri atas pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.

Kakan Kemenag, Mahrus berharap agar kegiatan ini harus betul-betul dimanfaatkan untuk belajar dan berbagi, fasilitator yang mendampingi juga harus dijadikan sumber belajar dengan maksmal yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi peserta sebagai guru bahasa Indonesia.

“Sasarannya adalah untuk pengembangan kompetensi guru. Kompetensi ini sesuai kebutuhan, bertahap, berkelanjutan yang dilakukan melalui kegiatan pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif. Untuk itu manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin,” pintanya. (bel/rf)