MGMP PAI SMP Salatiga Gelar MAPSI Ke-10

Salatiga — Sebanyak 19 sekolah baik swasta maupun negeri se Kota Salatiga mengikuti Lomba Mata Pelajaran dan Seni Islami (MAPSI) ke-10 di SMP Muhamadiyah Plus Salatiga pada hari Sabtu (25/09). Lomba digelar secara daring dan luring. Lomba pidato, tartil dan tilawah dilaksanakan secara daring dengan mengirimkan rekaman video, sedangkan lomba tahfidz dilaksanakan secara daring melalui live zoom. Lomba kaligrafi dan Cerdas Cermat Islami (CCI) dilaksanakan secara luring.

Lomba MAPSI ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Salatiga, Dr. Muh Haris, S.Sos,. M.Si. Dalam sambutan beliau menyampaikan rasa syukurnya. “Meskipun ditengah situasi pandemi yang belum kunjung berakhir, kita bisa berbuat baik dan beramal sholeh untuk Kota Salatiga melalui lomba MAPSI. Mudah mudahan menjadi amal sholih bagi kita semua.”

Beliau juga berpesan Juara Lomba MAPSI adalah bagian dari keinginan semua peserta. “Juara lomba MAPSI  hanya 1. Namun yang terdidik kerakternya, keberaninya, Insyaallah sangat banyak dengan lomba MAPSI ini” pesannya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP, S.B Hariyanto mengatakan kegiatan MAPSI digelar dalam rangka memotivasi peserta didik dalam mengamalkan ajaran Islam. ”Dengan demikian, pembelajaran pendidikan agama Islam tidak melulu dilaksanakan di dalam kelas. Tapi juga melalui kegiatan kompetisi agar pengetahuan Islam peserta didik dapat terus berkembang,”’ jelasnya. Dia menyebutkan, bagi siswa dan kelompok yang meraih juara I dalam lomba ini, kelak akan menjadi wakil Kota Salatiga dalam lomba Mapsi tingkat Jawa Tengah yang akan dilaksanakan Oktober.

Para pemenang lomba juara 1 yang berhak  maju ditingkat propinsi adalah : Lomba tilawah putra oleh Khifni Nizam dari SMP Muh Plus, tilawah putri oleh Restu Kinasih dari SMP N 3 Salatiga. Juara satu lomba tartil putra dan putri adalah Muh Anwi dari SMP Al-Azhar dan Syifa Aulia dari SMPN 1 Salatiga. Juara lomba tahfidz putra dan putri adalah Danindra Thoriq dan Anindhita Candraningtyas, masing masing dari SMP An-Nida. Juara lomba kaligrafi putra dan putri adalah Ahmad Habib dan Raisya Zahra, masing-masing dari SMP Muh Plus dan SMPN 8 Salatiga. Juara lomba Pidato putra dan putri adalah Diwa Satriyo dan Wulandari, masing-masing dari SMP Muhammadiyah Plus dan SMPN 6 Salatiga. Sedangkan juara lomb CCI adalah SMP Muh Plus. (Humas/Wildhan)