Mgr. Julianus Sunarko Undur Diri dari Keuskupan

Banyumas – Uskup Emeritus Keuskupan Purwokerto, Mgr. Julianus Sunarko, S.J bersilaturahmi  kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Bambang Sucipto pada hari Selasa, 17 Januari 2017, di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas. Kepala Kantor didampingi oleh Kasubag TU, Akhsin Aedi dan Penyelenggara Katolik, Purnomo menyambut dengan penuh kekeluargaan kedatangan Uskup Emeritus Mgr. Julianus Sunarko, S.J.

Dalam kesempatan itu, Mgr. Julianus Sunarko menyampaikan kepada Kepala Kantor bahwa pengunduran dirinya sebagai Uskup Purwokerto telah disetujui oleh Paus Fransiscus sebagai pemimpin tertinggi umat Katolik seluruh dunia per 1 Januari 2017 dan beliau mendapat tugas baru sebagai pendoa bagi Umat Katolik khususnya dan bagi dunia pada umumnya. Dengan segala kerendahan hati dan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, Mgr. Julianus Sunarko, S.J menyampaikan permohonan pamit kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas.

“Saya sangat senang menjadi pelayan umat Katolik di Keuskupan Purwokerto yang membawahi 12 Kabupaten/Kota ini karena suasananya sangat kondusif. Kerukunan dan toleransi tumbuh dengan subur sehingga suasana kekeluargaan sangat saya rasakan. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada para pemuka masyarakat dan tokoh agama yang dengan gigih saling berkomunikasi dan bekerjasama untuk menjaga semangat toleransi dan kerukunan. Semoga FKUB Kabupaten Banyumas semakin maju dan dapat menjadi pelopor dalam kerjasama antar agama yang ada di Banyumas. Saya juga berterima kasih kepada Kementerian Agama yang selama ini sudah banyak membantu Keuskupan Purwokerto. Semoga kerjasama ini dapat berlanjut dengan lebih baik pada tahun-tahun yang akan datang”. Demikian kesan dan pesan Mgr. Julianus Sunarko, S.J kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor Kementerian Agama menerima permohonan pamit Mgr. Julianus Sunarko, S.J dan mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila belum bisa semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan kepada Gereja Katolik di Kabupaten Banyumas. Namun Kementerian Agama Kabupaten Banyumas tetap mempunyai niat dan tekad bulat untuk memberikan pelayanan yang maksimal dan prima kepada semua pemeluk agama yang ada di Kabupaten Banyumas sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang.

“Selamat jalan Mgr. Julianus Sunarko, S.J. Selamat menjalankan tugas baru dan terima kasih atas kerjasama yang telah dibangun selama ini dengan Kementerian Agama. Doakan kami semua yang ada di Kantor Kementerian Agama ini agar dapat menjalankan tugas dan kewajiban dengan amanah,” demikian Kepala Kantor mengakhiri sambutannya untuk Uskup Emeritus Mgr. Julianus Sunarko, S.J. (subi/gt)