MI Ikuti Pelatihan Literasi Numerasi, Dan SainsBagi KKG

Surakarta – Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta mendukung kegiatan pelatihan kelompok kerja guru dalam program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru Madrasah Ibtidaiyah Kota Surakarta dengan menyediakan tempat pelatihan (25/10). Bertempat di Aula Kankemenag Surakarta, acara ini dimulai pada pukul 13.00 dan dihadiri oleh 27 guru dari MIN Surakarta.

Dalam kesempatan ini disampaikan materi pertama yaitu pelafalan huruf anak – anak berkaitan dengan keterampilan berbahasa yaitu membaca, mendengar, berbicara, dan menulis. Disampaikan juga mengenai materi media big book yang dinilai lebih mengena kepada pembelajaran anak – anak. Fasilitator dalam pelatihan ini berasal dari peserta yang lolos seleksi dan melakukan training di Semarang.

            Diah Hikmawati, selaku fasilitator literasi dalam pelatihan kali ini, “Media big book lebih diutamakan untuk anak kelas 1, 2, 3. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, para guru dapat mengidentifikasi karakteristik big book, membuat big book, dan memberi manfaat dari big book,” tuturnya. Dalam pelatihan ini juga dilakukan diskusi perkelompok mengenai hal – hal yang penting dari big book dan ciri – ciri big book. Didukung dengan pemutaran video, peserta pelatihan memulai diskusinya mengenai big book bersama kelompoknya.

            Sunarti, sebagai peserta merasa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi pembelajaran di sekolah. Dengan adanya pelatihan ini akan sangat berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memajukan sekolah. (nd/my/bd)