MI Manbaul Huda Raih Regu Tergiat Putra dan Putri

Temanggung –  Gerakan Pramuka di era modern ini dituntut inovatif dan kreatif agar tetap mampu menarik perhatian siswa didik. Ia juga dituntut menjadi gerakan yang fleksibel, menyenangkan, dan tentu tak meninggalkan fungsinya menjadi media pendidikan karakter, pendidikan kebangsaan dan kewarganegaraan, serta pengajaran dan pelatihan soft skill. Kita patut bangga, bahwa hal itu merupakan bagian konsep sila-sila dari Pancasila.

Oleh karena itu, pendidikan karakter sangat menentukan tingkat keunggulan suatu negara. Salah satu media yang berperan dalam mengembangkan pendidikan karakter yaitu kepramukaan. Karena, di dalamnya terdapat semua kegiatan yang bisa mengembangkan karakter seseorang.

Untuk menjaga Gerakan Pramuka tetap menggema dan digandrungi penerus bangsa, maka Kwaran Kecamatan Tembarak  menyelenggarakan Jambore.

Pramuka mengajarkan disiplin, tanggung jawab, percaya diri demi memperbaiki perilaku masyarakat. Pramuka dapat menjadi wadah pembinaan generasi muda yang cerdas, terampil, berbudi pekerti, dan berakhlak mulia serta Pramuka adalah kader pembaruan bangsa.

Jambore Tingkat  Kwaran Tembarak dibuka oleh Totok Nur Setyanto, .S.S.Tp selaku Sekcam Tembarak, yang bertempat di lapangan  Desa Wonokerso.

Jambore berlangsung selama empat hari, pada  tanggal 8 .s.d 11  Oktober  2017, diikuti oleh Peserta yang terdiri dari 18 regu Pa dan 19 regu Pi Gugus Depan pada SD dan Madrasah Ibtidaiyah sewilayah Kecamatan Tembarak. Untuk menjaga sportifitas penilaian juri diambilkan dari tenaga luar Kecamatan Tembarak

Dalam kegiatan jambore tersebut, MI Manbaul Huda Tembarak  meraih predikat sebagai Regu Tergiat  Putri dan Regu Tergiat  Putra Jambore Ranting SD/MI Tingkat Kwaran Tembarak.

Kepala Madrasah Muhammad Adib, menyampaikan bahwa prestasi tersebut merupakan hasil dari latihan intensif serta doa dan dukungan dari para orang tua siswa.

“Kami sangat bangga anak-anak bisa meraih predikat tersebut. Semuanya berkat doa dan dukungan dari para orang tua yang sudah memberikan kepercayaan kepada kami,” ungkapnya.

“Untuk mempersiapkan kegiatan tersebut, melalui pelatihan intensif saat kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan tambahan berupa latihan di luar jam pembelajaran,” lanjutnya.

Alhamdulillah bahwa selama pelaksanaan kegiatan tidak turun hujan, meskipun beberapa hari sebelum dan sesudah pelaksanaan jambore terjadi hujan. Sehingga semua rencana kegiatan dapat terlaksana sesuai dengan jadwal acara dan berlangsung dengan sukses. Terpilih sebagai Kontingen Tergiat Putra dan Putri  adalah Kontingen Kwaran MI Manbaul Huda, disampaikan oleh Ketua Kwaran Tembarak , Mulyono pada saat penutupan Jambore Rabu (11/10).(sr/Af)