MI Muhammadiyah Kaweron Panen Kejuaraan

Mungkid – MI Muhammadiyah Kaweron Muntilan meraih juara 3 Kategori Lomba Bercerita dan Juara Harapan 2 untuk Lomba Membaca Cepat dalam rangka Promosi Perpustakaan Tahun 2018 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang.

Kepala MI Muhammadiyah Kaweron Nurhandayani Ningsih, Jumat, (1/3/2018), menyampaikan pada lomba yang diselenggarakan pada hari Kamis (28/02) di di Graha Seba Pustaka Muntilan tersebut siswanya dapat tampil  memuaskan dan memperoleh kejuaraan.

“Alhamdulillah, MI Muhammadiyah Kaweron meraih juara 3 lomba bercerita dan juara harapan 2 membaca cepat tingkat SD/MI sekabupaten Magelang,” ungkapnya.

“Sahlan Hamasyah Baehaqi mampu meraih juara 3 bercerita menyisihkan 39 peserta, sedangkan Rana Azka meraih Juara Harapan 2 lomba membaca cepat,” lanjutnya.

Nurhandayani menuturkan bahwa lomba tersebut diselenggarakan dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat khususnya di kalangan pelajar. Untuk lomba bercerita, aspek yang dinilai meliputi penampilan, teknik bercerita, penguasaan materi. Sedangkan untuk membaca cepat dinilai berdasarkan KEM (Kemampuan Membaca Efektif).

“Untuk membaca cepat, intinya satu menit dapat berapa kata,” katanya.

Untuk mempersiapkan siswa-siswinya dalam lomba tersebut, Nurhandayani menjelaskan bahwa pihaknya bersungguh-sungguh menyiapkan anak didiknya.

“Untuk teknik latihan berceritanya dengan metode drill (menghafal teks), latihan acting, latihan vocal, dan kolaborasi dari ketiga unsur dipadukan,” paparnya.

Sedangkan untuk membaca cepat, Nurhandayani menjelaskan teknis pembiasaan membaca buku perpustakaan madrasah, kemudian latihan membuat sinopsis cerita yang sudah dibaca.

Pada hari yang sama, pada lomba pada tingkat Kecamatan Muntilan yang diselenggarakan oleh K3S (SD) dan KKM (MI) Kecamatan Muntilan, MI Muhammadiyah Kaweron menyabet 18 kejuaraan dari 23 mata lomba yang ditandingkan.

Kejuaraan yang diraih meliputi Juara 1 Lomba Membatik, Juara 1 Lomba Melukis, Juara 1 Lomba Macapat, Juara 1 Cipta Puisi, Juara 1 Tari Tradisional, Juara 1 Cerita Bergambar, Juara 1 Pidato Bahasa Indonesia, Juara 1 Cipta Syair, Juara 1 Pidato Bahasa Inggris, Juara 1 IT, Juara 1 Permainan Tradisional, Juara 1 Bercerita, Juara 1 Membaca Cepat, Juara 1 Menulis Cerpen Lanjutan, Juara 1 Geguritan, Juara 2 Pantomin, Juara 2 Menyanyi Tunggal, dan Juara 1 Paduan Suara.

“Kita membimbing secara rutin sehingga setiap siswa-siswi kami selalu siap berprestasi dalam lomba-lomba yang ada di tingkat kecamatan, maupun Kabupaten,” katanya. (am/bd)