MI Muhammadiyah Semampir Juara 1 Seleksi Lomba Dokcil MI Tingkat Kecamatan Banjarnegara

Banjarnegara – Dalam rangka mengikuti Lomba Dokter Kecil Tingkat Kabupaten Banjarnegara yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 08 Oktober 2021, MI Muhammadiyah Semampir mengikuti seleksi Dokter Kecil (dokcil) tingkat Kecamatan terlebih dahulu. Seleksi Tingkat Kecamatan dibagi menjadi dua tahap yaitu , tahap pertama seleksi tingkat MI kecamatan banjarnegara,tahap kedua seleksi tingkat kecamatan melawan pemenang seleksi SD Kecamatan Banjarnegara.

Seleksi antar MI di kecamatan Banjarnegara diselenggarakan pada tanggal 28 September 2021 bertempat di MI Muhammadiyah Karangtengah Banjarnegara. Jumlah MI yang mengikuti lomba ada lima Madrasah yaitu, MIM Semampir, MIM Karangtengah, MI Alfatah, MI Joyo kusumo, MI Ahsanul Ulum Banjarnegara. Masing masing madrasah mengirimkan satu peserta putra dan satu peserta putri. Untuk MIM Semampir atas nama Anasya Putri Oktalita dan Hamam Fadluloh.

Pelaksanaan lomba tingkat MI Kecamatan Banjarnegara dihadiri oleh Ibu pengawas RA/MI Kecamatan Banjarnegara, Dewan Juri, Kepala Madrasah, Pembimbing lomba dan tentunya peserta lomba.

Pengawas RA/MI Kecamatan Banjarnegara Vjanti Marzuki dalam sambutanya menyampaikan dengan seleksi ini, semoga madrasah dapat bersaing dengan sehat dan dapat mewujudkan Madrasah yang hebat dan bermartabat.

“Seleksi Dokter Kecil ini bertujuan untuk mengenalkan sedari dini tentang pengetahuan kesehatan pada siswa tingkat SD/MI. Materi yang diujikan antara lain, Membuat Makalah untuk putri berjudul Stunting dan untuk Putra berjudul Covid 19, yang kemudian disuruh mempresentasikan selama 5 menit makalah yang dibuatnya. Materi tertulis meliputi materi Stunting, Covid 19, Germas, Eliminasi Malaria, PHBS Instusi Pendidikan dan Raport Kesehatan 2007,” jelasnya.

Seleksi lomba Dokter Kecil tingkat MI Kecamatan Banjarnegara dimulai pada pukul 13.30, Khusus lomba tingkat MI Kecamatan Banjarnegara, peserta hanya menyampaikan presentasi dengan materi Covid-19 dan Stunting. Peserta dari MIM Semampir mendapat nomor undi 04 untuk Putra dan 05 untuk Putri.

“Alhamdhulillah saat pengumuman, MIM Semampir baik putra maupun yang putri mendapatkan juara,” ungkap Khusnul Hidayati, Kepala MIM Semampir

“Total nilai yang diraih oleh peserta lomba Dokter Kecil tingkat MI Kecamatan Banjarnegara adalah 90 untuk peserta putri dan 79 untuk peserta putra. Perjuangan belum selesai, tanggal 01 Oktober 2021 tinggal mengikuti seleksi melawan pemenang seleksi Tingkat SD Kecamatan Banjarnegara,” imbuhnya

Khusnul Hidayati merasa bangga atas prestasi yang telah diraih oleh siswa siswi MI Muhammadiyah Semampir, meski dengan waktu yang sangat terbatas, Siswa Siswi MI Muhammadiyah Semampir berhasil membuktikan kemampuan untuk bersaing meraih prestasi di tingkat Kecamatan Banjarnegara. (khy/ak/rf)