MI Sullam Taufiq Kajen Laksanakan Penjaringan Kesehatan

Kab. Pekalongan – Dalam rangka melakukan deteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar dapat diupayakan penanganan sedini mungkin, MI Sullam Taufiq Kajen bersama Puskesmas Kajen I melaksanakan penjaringan kesehatan anak sekolah pada Kamis (18/11/2021).

M. Syaikhul Alim, Kepala MI Sullam Taufiq mengatakan bahwa penjaringan kesehatan anak sekolah merupakan salah satu indikator standar pelayanan minimal bidang kesehatan yang menjadi program wajib pemerintah daerah. Kegiatan penjaringan kesehatan tersebut dilaksanakan melalui wadah Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Ditambahkannya bahwa selain untuk tujuan deteksi dini kesehatan siswa penjaringan ini bertujuan menghimpun data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik, maupun untuk dijadikan pertimbangan dalam menyusun program pembinaan kesehatan di sekolah/madrasah.

“Penjaringan kesehatan anak sekolah merupakan kegiatan rutin tahunan, biasanya setiap awal tahun pelajaran baru. Namun akibat pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum berakhir, kegiatan ini tertunda hingga cukup lama. Menurut Juknis Pelayanan Puskesmas selama Covid-19, kegiatan ini tetap dapat dilaksanakan dengan menerapkan prokol kesehatan, baik itu untuk petugas maupun untuk anak sekolah.” imbuh Syaikhul Alim.

Retno Andriani, staf Puskesmas Kajen yang melaksanakan tugas penjaringan kesehatan mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan yaitu pemeriksaan kesehatan secara umum seperti mata, telinga, dan gigi anak.

“Pemeriksaan mata saat ini hal yang perlu diperhatikan, apalagi saat ini kebanyakan anak melakukan sekolah online dengan menggunakan Gadget. Kemudian pada gigi anak dilakukan pemeriksaan dan diberikan edukasi untuk sikat gigi 2x dalam sehari. Selain itu diberikan penyuluhan untuk terus rajin cuci tangan dan tidak jajan sembarangan.” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan penjaringan kesehatan anak sekolah ini diharapkan status kesehatan anak sekolah dapat meningkat dan dipantau setiap tahunnya. (Msa/Ant/bd).