Ka. kankemenag Wonogiri, H, cahyo Sukmana memberikan pembinaan kepada anggota IGRA

Milad ke-19 IGRA Harus Maksimalkan Peran IGRA Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Wonogiri _ Ka. Kankemenag Wonogiri, H. Cahyo Sukmana di dampingi Kasi Pendidikan Madrasah, Partoyo menghadiri acara tasyakuran milad yang ke-19 Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Wonogiri, dengan sederhana karena masih di suasana pandemi covid-19, Selasa (19/10) di Aula RM. Paryanti Wonokarto Wonogiri yang di hadiri pengurus PD. IGRA Kabupaten Wonogiri.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Kankemenag menyampaikan ucapan selamat atas ulang tahun IGRA yang ke-19 dan memberikan semangat serta motivasi sebagai guru dalam mendidik putra putrinya agar menjadi generasi yang dapat bersaing di era revolusi industri  4.0 yang serba canggih, tetapi tetap pada bingkai generasi Islamiyah yg ber karakter.

Menurut Cahyo, Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) adalah organisasi profesi yang merupakan wadah pembinaan dan kerjasama antara kepala dan guru Raudhatul Athfal, Bustanul Athfal, Tarbiyatul Athfal untuk menyamakan visi, misi dan persepsi dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini. Dan IGRA harus terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas lembaga pendidikan RA sebagai ujung tombak dalam mencetak generasi muda. Harus mampu mencetak Sumber Daya Manusia yang berdaya saing dan religius.

“Lembaga ini harus mampu berfungsi mendorong dan memprakarsa pembaharuan dengan menyelenggarakan usaha dan kegiatan yang menunjang pelaksanaan proses pembelajaran, menampung dan menyatukan aspirasi anggota, menyelenggarakan usaha kegiatan untuk meningkatkan dan memelihara kesejahteraan anggota, berperan aktif dalam mengembangkan dan meningkatkan mutu RA BATA serta memelihara dan memupuk iman takwa dan ilmu pengetahuan teknologi anak usia dini, sehingga eksistensi pengurus IGRA di Wonogiri harus di maksimalkan” harap H. Cahyo.

Saat ini IGRA menjadi mitra Kementerian Agama yang sangat strategis, beliau meminta agar persatuan guru RA ini terus di pelihara kekompakannya dan guru RA juga harus pandai berkomunikasi, bertutur kata,dengan sesama rekan guru maupun orang lain harus dengan cara santun sehingga membuat siapa saja mendengar merasa nyaman, karena guru RA merupakan guru yang benar-benar bisa memberi dasar pendidikan yang baik.

“Saat ini RA terbukti memiliki peranan besar dalam mengantarkan bangsa menjadi lebih baik dan bermartabat, negara akan maju jika memiliki generasi yang kuat dan generasi yang kuat itu bermuara pada mutu pendidikan usia dini” jelasnya. (mursyid/Sua)