Milad Ke -23, TPQ Al Mubarok Wisuda 35 Santrinya

Karanganyar –  Sabtu, 23 Oktober 2021 jam 20.00 WIB di Halaman Masjid Baiturrahman Tuban Kidul kec. Gondangrejo, digelar Malam puncak milad dan Wisuda santri TPQ Al Mubarok . Hadir dalam wisuda santri tersebut Kepala Desa Tuban Aris Santoso, Ketua Badko LPQ Kab. Karanganyar H. Moh. Azios Marnawi, S. Ag, M. Ag, dan Ketua Badko Kec. Yang diwakili oleh Ust. Suroto para Pengurus Masjid, Dewan Guru TPQ, dan Orang Tua/Wali Santri. Adapun jumlah santri yang diwisuda sejumlah 35 Santri.

Ketua Badko LPQ Kabupaten Karanganyar H. Moh. Azis Marnawi, S. Ag., M. Ag. Dalam sambutannya disampaikan apresiasi kepada santri-santri yang akan diwisuda nanti.

“Pendidikan santri TPQ adalah salah satu pendidikan yang tepat, yang membawa misi penting bagi santrinya untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai Qur’ani sejak dini kepada anak-anak kita,” ucap Moh. Azis.

“Membangun pendidikan anak tidak hanya dilakukan melalui jalur formal, tapi harus diimbangi dengan pendidikan keagamaan sejak usia dini seperti TPQ,” tuturnya.

Moh Azis, yang juga merupakan kepala KUA Kec. Tasikmadu menyampaikan agar Masyarakat harus berperan aktif dalam mengembangkan sekolah-sekolah non formal karena pendidikan non formal merupakan dasar bagi anak-anak dalam membentuk karakter sesuai syariat Islam.

“Peran aktif orangtua dan lingkungan harus terus ditingkatkan. Wisuda Santri TPQ Al Mubarok kali ini merupakan langkah strategis agar anak-anak kita dapat tumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus yang berakhlak mulia, cerdas, kreatif, mandiri dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Memberikan pengajaran membaca Alquran sejak usia dini, serta memahami dasar-dasar dinul Islam pada anak usia dini sangat penting agar mereka memiliki kesiapan ketika memasuki tingkat pendidikan lebih lanjut,” terang Azis.

Sebagai penutup, Moh. Azis menyampaikan kepada para santri yang akan wisuda hari ini. Beliau mengingatkan agar ilmu Al-Qur’an yang didapat selama di gembleng di sini (TPQ Al Mubarok) untuk selalu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kepada anak-anakku para santri, wisuda ini bukanlah akhir bahwa telah selesainya mengaji atau baca Al-Qur’an. Tapi ini hanya sebagai dasarnya saja, karena itu bagi anak-anak santri yang di wisuda pada hari ini agar selalu meluangkan waktu dengan tidak henti-hentinya membaca Al-Qur’an. Jadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup kita sebagai umat islam, TPQ merupakan salah satu Lembaga pendidikan Al-Qur’an di bawah naungan Kementerian Agama sesuai dengan Petunjuk Teknis Nomor 91 Tahun 2020 Tentang Pendidikan Al-Qur’an. TPQ merupakan pendidikan non formal yang bertujuan agar peserta didik/santri mampu membaca, menulis, menghafal dan mengamalkan kandungan isi Al-Qur’an,” ujarnya. (Ida/sua)