MIN 1 Banyumas Koordinir Pembuatan KIA Massal

Purwokerto – Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, MIN 1 Banyumas membuatkan Kartu Identitas Anak  (KIA) untuk siswa siswinya secara massal, kamis (8/3) di kampus kaliputih. Kegiatan ini dilakukan atas inisiatif madrasah karena banyaknya wali murid yang kebingungan dan tidak memiliki waktu untuk membuat KIA di Kantor Dindukcapil Banyumas. Kita buat massal di madrasah, agar lebih efektif, ujar waka kesiswaan, Juzairoh.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pembuatan KIA ini untuk mendukung program pemerintah berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016. Fungsi KIA adalah sebagai dokumen kependudukan yang dapat digunakan untuk kebutuhan pengurusan sekolah anak, pengurusan keimigrasian dan pengurusan pelayanan kesehatan melalui BPJS serta transaksi keuangan yang melibatkan anak.

Saya sangat berterima kasih pada MIN yang sudah menyelenggarakan pembuatan KIA massal di madrasah, saya jadi tidak repot repot ke kantor Dindukcapil, ungkap Tri Pratiwi, salah satu wali murid yang mengaku dua anaknya sebagai siswa kelas 1 dan 5 MIN.  Penbuatan KIA ini tidak dipungut biaya alias gratis. (ak/bd)