MIN 1 Cilacap Juara Umum GESBI 2018

Cilacap – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Cilacap kembali mengukir prestasi, kali ini di bidang bahasa. Yakni sebagai juara umum Gebyar Siswa Bilingual (GESBI) 2018. Kegiatan yang dihelat pada 11-25 Maret di SD Negeri 01 Kedawung diikuti 14 peserta, yakni tujuh SD dan tujuh MI se-Kecamatan Kroya.

Dari sebelas cabang yang dilombakan, MIN 1 Cilacap berhasil meraih empat juara satu dan lima juara dua. Adapun juara satu diraih pada cabang Kaligrafi, Spelling Bee, MHQ dan Showing Talent. Sedangkan juara dua disabet dari cabang Pidato, Dekalamasi puisi, Adzan, Tebak Meaning dan Ranking 1. Total MIN 1 Cilacap mengoleksi sembilan piala.  

Kepala MIN 1 Cilacap, Ellis Satyawati mengatakan, prestasi yang diraihnya merupakan bukti kinerja madrasah kepada masyarakat. Kepercayaan masyarakat yang semakin meningkat kepada madrasah harus diimbangi dengan peningkatan kualitas pendidikan madrasah. Selain harus unggul di bidang akhlak, madrasah juga unggul pada penguasaan ilmu dan teknologi, termasuk bahasa di dalamnya.

Menurutnya, salah satu kunci utama dalam bersaing di dunia yang semakin berkembang pesat ini adalah dengan memperkaya bahasa asing. Hal ini sesuai dengan jargon “Dengan Bahasa, Kita Buka Gerbang Dunia.” Dengan modal penguasaan dwi bahasa asing  inilah (Bahasa Arab dan Bahasa  Inggris) maka dengan mudah para generasi bangsa ikut andil dalam persaingan global.

Salah satu metode pembelajaran bahasa yang menarik dan mendidik untuk para siswa SD/MI adalah dengan metode perlombaan yang fun dan edukatif. Karenanya peran GESBI sangat penting sebagai media untuk megukur seberapa jauh kemampuan siswa SD/MI  dalam menguasai Bahasa Arab dan Inggris.(On/bd)