MIN 1 Kebumen, Peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

Kebumen – MIN 1 Kebumen bersama dengan Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Kebumen dan Puskesmas Kebumen 3 memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sedunia tahun 2018 baru-baru ini. Kegiatan yang bertempat di Aula MIN 1 Kebumen ini diikuti oleh ratusan siswa siswi setempat untuk memperoleh pengetahuan tentang arti pentingnya cuci tangan pakai sabun.

Acara dimulai saat rombongan TP PKK Kabupaten Kebumen dan Tim Puskesmas Kebumen 3 tiba di lokasi tepat pukul 8 pagi. Saat itu rombongan disambut siswa-siswi MIN 1 Kebumen dengan penyerahan karangan bunga dan tari kreasi jaranan. Wakil Ketua 1, Budi Lestari, mewakili Ketua TP PKK Kebumen, Zuhroh Yazid Mahfudz yang berhalangan hadir. Sehingga melalui sambutan tertulis Ketua TP PKK Kebumen, Budi Lestari menyampaikan tujuan peringatan CTPS.

“Tujuan peringatan ini adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan cuci tangan pakai sabun sedini mungkin,” jelas Zuhroh Yazid.

Melalui langkah tersebut, Zuhroh mengharapkan anak-anak bisa terhindar dari penyakit menular seperti diare, cacingan dan inveksi saluran pernafasan atas (ISPA). “Sehingga bisa menyelamatkan hidup anak-anak kita, generasi penerus bangsa dari berbagai penyakit menular,” imbuhnya.

Sementara itu menurut Kepala MIN 1 Kebumen, Makruf Widodo, cuci tangan merupakan hal sepele namun berefek besar. “Cuci tangan merupakan hal yang sederhana dan dianggap sepele, tetapi berefek besar pada kesehatan tubuh kita,” tegas Makruf.

Acara berlangsung sangat meriah, karena kegiatan sosialisasi dikemas dalam bentuk opera oleh Tim Puskesmas Kebumen 3. Saat itu ditampilkan tokoh Ipul dan Upil serta sang Kuman yang selalu mengganggu anak-anak. Sesekali terdengar teriakan mereka karena didekati oleh tokoh si Kuman.

Menurut Andri Rosita yang membuat cerita tersebut, pilihan bentuk opera dalam penyuluhan merupakan hal yang sangat penting, mengingat sasaran kegiatan CTPS ini adalah siswa MI. “Konsentrasi untuk mendengarkan tentu belum sebanyak yang dimiliki orang dewasa, dan ternyata anak-anak sangat antusias melalui pertunjukan opera ini,” jelas Andri Rosita.

Setelah pelepasan balon sebagai tanda awal kegiatan cuci tangan, TP PKK dan Tim Puskesmas Kebumen 3 selanjutnya memandu secara langsung siswa-siswi MIN 1 Kebumen agar bisa memperagakan mencuci tangan dengan sabun secara benar.(hn-ks/sua)