MIN 1 Kebumen Ukir Prestasi di OSA Tahun 2018

Kebumen – Prestasi membanggakan diraih MIN 1 Kebumen, pasalnya mereka bisa meraih 1 emas dan 2 perak dalam Olimpiade Sains dan Agama (OSA) tingkat MI/ SD se- Barlingmascakeb (Purbalingga, Banyumas, Cilacap dan Kebumen) Tahun 2018. Kegiatan yang diprakarsai oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (HMPS PGMI), IAIN Purwokerto. Acara digelar pada hari Minggu (30/9), dan diikuti oleh 121 peserta didik SD/MI se Barlingmascakeb.

MIN 1 Kebumen mengirimkan 10 peserta didik yang terbagi dalam 3 kelompok, tim IPA dengan pembimbing Alfan Salim Junaedi, S.PdI, mengirim 4 peserta didik, kemudian tim Matematika dengan pembimbing Supriyono, S.Pd, mengirim 4 peserta didik, dan Tim Agama dengan pembimbing Khas Khasol Khaq, mengirim 2 peserta didik.

Siswa yang sukses meraih prestasi tersebut diantaranya, Muhammad Tsaqib Munir dari Tim IPA, meraih Juara I (emas) dari mapel IPA, Arsal Istifazah dari Tim IPA, meraih juara II (perak) dari mapel IPA, dan Farah Khoirunnisa dari Tim Agama, meraih juara II (perak) Mapel Agama.

Mengambil tema Mengintegrasikan Ilmu Pengetahuan dan Spiritual untuk membentuk Generasi Intelektual Muslim yang Berdaya Saing, OSA memperebutkan 3 Kategori lomba, diantaranya IPA, Matematika dan Agama.

“Mapel IPA diikuti oleh 46 peserta didik, Matematika diikuti oleh 42 peserta didik, dan 33 peserta didik lainnya mengikuti mapel Agama,” papar Shelyana Tri Agustin, selaku ketua panitia.

H. Makruf  Widodo, selaku Kepala MIN 1 Kebumen, mengaku bangga atas prestasi yang diraih peserta didiknya. “Kami ucapkan selamat dan bangga atas prestasi yang telah diraih oleh Tim OSA MIN 1 Kebumen, semoga dapat memacu semangat belajar bagi peserta didik lainnya,” ucapnya.

Seperti halnya harapan Kakankemenag, Kepala MIN 1 Kebumen juga akan terus berusaha mewujudkan visi dan misi madrasah, ”MIN 1 Kebumen harus menjadi ikon madrasah di Kabupaten Kebumen, seperti harapan Kepala Kankemenag Kabupaten Kebumen, mewujudkan madrasah hebat, madrasah bermartabat,” ucapnya.

Widyastuti, selaku Koordinator Kurikulum berharap, kedepannya MIN 1 Kebumen akan selalu mengikuti even-even kompetisi yang melibatkan peserta didik. “Kita akan berikan kesempatan penuh dan bimbingan agar peserta didik selalu semangat berkompetisi dan meraih prestasi pada semua even kejuaraan dengan senantiasa mengedepankan akhlakul karimah sebagai generasi qurani,” harapnya.(hn-ks-pt/sua)