MIN 1 Makin Diminati Masyarakat Kebumen

Kebumen – PPDB MIN 1 Kebumen Tahun Pelajaran 2017/2018 telah dibuka. Jumlah calon peserta didik yang akan diterima pada Tahun ini sebanyak 112 anak yang terbagi menjadi 4 kelas dengan masing-masing kelas sebanyak 28 anak. Tingginya minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di madrasah terlihat sejak pengumuman PPDB dibuka. Kuota PPDB tahun ini memang terbatas. Panitia hanya menerima 4 kelas untuk peserta didik baru. Pembatasan jumlah peserta didik yang diterima disebabkan jumlah ruang kelas. Saatini MIN 1 Kebumen hanya memiliki 19 ruang kelas dengan 457 peserta didik.

Sejak dibuka PPDB sampai sekarang calon peserta didik yang sudah mendaftar hampir memenuhi kuota. Dengan demikian jika pendaftar melebihi dari kuota yang disediakan, maka pendaftaran akan segera ditutup meskipun waktu pendaftaran masih sampai bulan Juni nanti. “Sampai saat ini kuota pendaftaran hampir terpenuhi dan apabila nanti kuota sudah terpenuhi maka akan segera ditutup mengingat ruang kelas yang tersedia belum bisa menampung mereka,” papar Siti Munawaroh salah satu panitia PPDB.

Peserta didik baru yang sudah mendaftar tidak hanya anak-anak yang berasal dari lingkungan madrasah, tetapi banyak juga yang berasal dari lain Kecamatan. Sebagian besar orang tua calon peserta didik baru menyekolahkan anaknya di MIN 1 Kebumen karena ingin anaknya mendapatkan ilmu agama dan ilmu umum secara seimbang. “Saya berharap dengan anak saya sekolah di madrasah selain mendapatkan ilmu umum juga mendapatkan ilmu agamanya,” ucap Heni.

Kepercayaan masyarakat terhadap madrasah adalah amanah yang harus dijaga dan dilaksanakan. Keseriusan para guru dalam mendidik siswa siswi di madrasah adalah kunci keberhasilan pendidikan di madrasah itu sendiri. Oleh karena itu, ikhlas dan semangat mengemban amanah harus tetap tertanam di dalam hati setiap guru di madrasah. Semoga Alloh memberi kekuatan kepada para guru untuk bisa menjalankan amanah dan semoga madrasah tetap lebih baik.(ks/pt/af)