MIN I Boyolali gandeng Puskesmas 1 Boyolali Adakan Pelatihan Dokter Kecil

BOYOLALI(MIN I) – Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Boyolali bekerja sama dengan Puskesmas 1 Kecamatan Boyolali menyelenggarakan Pelatihan Dokter Kecil bagi siswa siswi madrasah ibtidaiyah. Kegiatan  diikuti oleh peserta didik dari kelas 4 s.d 5 yang berjumlah 80 anak dan 5 orang dari Dewan Guru sebagai panitia serta 6 pegawai puskesmas sebagai pemateri. Total peserta Pelatihan Dokter Kecil yaitu 91 orang.  Pelatihan dokter kecil dimulai hari Jum’at s.d Sabtu (23-24) Maret 2018 bertempat di gedung Aula MIN 1 Boyolali dengan harapan  dapat menumbuhkan minat dan bakat anak dalam bidang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Suharta, selaku perwakilan Panitia dari Madrasah menyampaikan bahwa pendidikan kesehatan sudah semestinya diberikan sejak dini.

"Sekolah telah memfasilitasi pendidikan dasar tentang kesehatan melalui UKS. Untuk lebih menarik minat siswa siswi tetang dunia kesehatan perlu diadakan kegiatan tambahan seperti dokter kecil. Walaupun disekolah sudah ada UKS, kegiatan seperti ini tetap perlu diadakan untuk menarik minat siswa – siswi tentang kesehatan,” ujarnya.

Hari pertama Jum’at, (23/03) diberikan materi-materi berupa teori-teori dasar tentang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) serta pengenalan-pengenalan tentang beberapa macam jenis penyakit beserta penanganannya. Tidak ketinggalan pula beberapa macam vitamin dan gizi penunjang kesehatan tubuh. Materi diberikan secara teori dan praktek, salah satunya adalah bagaimana cara mencuci tangan dengan baik dan benar sesuai prosedur kesehatan.

Dihari kedua, antusias peserta Pelatihan Dokter Kecil terlihat semakin semangat disertai dengan dukungan dan motivasi dari pemateri yang menggunakan metode pengajaran sangat menarik yaitu dengan cara pembagian hadiah bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan dari pemateri, sehingga mampu menghilangkan kejenuhan peserta Pelatihan Dokter Kecil.

Di akhir kegiatan peserta mengerjakan postest dan dari hasil keseleruhan tersaring peserta-peserta yang beprestasi, diantaranya yaitu, Nayla Fairuzza (VC) peserta terbaik I, Aisyah Natara (IV C) peserta terbaik II dan Azizah Nayla Zahra (V C) peserta terbaik III. (sis-jaim/Wul)