MIN Patihan Budayakan Membaca dengan Slogan “Aku Cinta Buku”

Sragen – MIN Patihan Kabupaten Sragen menjadikan membaca bersama sebagai puncak rangkaian kegiatan jeda semester setelah mengadakan outbond untuk kelas bawah dan kunjungan ke Waterboom Tirtonirmolo Ngawi untuk kelas atas. Kegiatan ini sengaja digelar dalam upaya menumbuhkan minat baca siswa. Dengan menggandeng salah satu mass media, 823 siswa membaca koran bersama di halaman MIN Patihan, Kamis (12/10).

Kepala MIN Patihan, Ruslan Haifani menyampaikan bahwa untuk meningkatkan minat baca, MIN Patihan memiliki program literasi yakni “Aku Cinta Buku”, program ini mewajibkan para siswa untuk membaca buku selama 10 menit sebelum pelajaran dimulai.

“Tiap pagi anak-anak kami minta untuk tadarus quran, setelah itu sekitar 10 menit kami wajibkan pula untuk membaca buku, baik fiksi maupun non fiksi, sebagai program literasi kami,” ungkap Ruslan.

Pada pembukaan puncak acara kegiatan jeda semester, Ruslan Haifani mengingatkan bahwa budaya membaca adalah budaya Islam, karena ada perintah di Quran untuk membaca.

“Anak-anakku, surat pertama dalam Al qur’an yang turun kedunia adalah Q.S Al Alaq, dalam surat tersebut Allah memerintahkan kita untuk membaca, dengan festival literasi ini saya berharap anak-anak semua dapat meningkatkan minat bacanya, baik membaca buku pelajaran maupun koran” pesan, Ruslan Haifani.

Usai sambutan acara dilanjutkan penampilan Polcil (Polisi Cilik) MIN Patihan dengan aksi formasi baris-berbaris divariasikan gerakan pengaturan lalu lintas dengan kompak yang dikomandani Azizah Al Waristu. Polcil ini yang sebelumnya telah meraih juara 2 Piala Kapolres Sragen dalam rangka HUT Lalu Lintas Polres Sragen.

Rangkaian acara selanjutnya penampilan Pildacil Aska Hanim Hanifa dengan tema “Berbakti pada orang tua” dan Geguritan oleh Adinda Maharani dengan semangat, serta diakhiri dengan pentas Tari Merak oleh  siswi MIN Patihan.

Akhir dari kegiatan ini siswa kelas 4 sampai 6 mengikuti game rangking 1 yang bertujuan menambah wawasan pengetahuan siswa. Game ini dimenangkan oleh Auzan Taufiqul Rahman (6A), Nur Rosidah Fatimatuz zahroh (5A), Yusril Nur khasanah (5A). (ida-ira1/Wul)