MIN Sumurrejo Gelar Ajang Bakat Siswa RA/TK

Semarang – MIN Sumurrejo Gunungpati Kota Semarang menggelar Ajang Bakat Siswa bagi RA/TK se-Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, Sabtu (29/04). Kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kartini dengan tujuan menanamkan nilai cinta kepada pahlawan wanita Kartini. Selain itu ajang ini dimaksudkan sebagai sarana promosi untuk mengenalkan visi misi, program kerja dan model pembelajaran yang dilaksanakan MIN Sumurrejo kepada siswa RA/TK di wilayah kecamatan Gunungpati. Pada kegiatan tersebut dipaparkan beberapa kegiatan  ektrakurikuler dan prestasi yang telah diraih madrasah ini.

Moh Akhlis, selaku ketua panitia, menuturkan beberapa sekolah yang ikut berpartisipasi, yaitu RA Al Islam Sumurrejo, TK Pertiwi 01 Sumurrejo, TK Tunas Muda, TK ABA 25 Semarang, TKIT Al Jannah, TK Bina Mandiri, dan TK Islam Plus At Taqwa. Para siswa dari ketujuh RA/TK ini mengikuti berbagai lomba, mewarnai, hafalan surat pendek dan doa sehari-hari serta ajang bakat siswa. Acara semakin meriah dengan adanya pentas berbagai tarian siswa MIN Sumurrejo serta bazar aneka makanan, minuman dan berbagai produk bekerjasama dengan komite madrasah.

Saat membuka kegiatan, Gunawi, mewakili kepala MIN Sumurrejo menyatakan,  sebagai satu-satunya Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri di Kota Semarang sudah seharusnya madrasah ini bisa menjadi mercusuar pendidikan karakter dan akhlak mulia. Pendidikan madrasah tidak hanya menekankan pendidikan ilmu umum semata tetapi di madrasah, para siswa dididik dengan ilmu agama yang lebih intens.  “Lihatlah, setiap pagi anak-anak baris dengan tertib di depan kelas, melaksanakan sholat Dhuha dengan khusyu’, berdoa dengan khikmad, melafalkan  alqur’an dengan fasih, dan belajar dengan menyenangkan,” ujarnya. “Di madrasah ini, karakter akhlakul karimah sangat diutamakan,” tegas Gunawi.

Acara diisi pula dengan uraian sejarah Kartini, disampaikan  Wahdah,  Kepala Gerakan Literasi Usia  Dini MIN Kota Semarang. Wahdah mengajak siswa untuk meneladani Kartini dan rajin membaca seperti apa yang telah dilakukan Kartini. “Mari kita teladani  Ibu Kartini. Kartini rajin membaca surat kabar dan beberapa buku berbahasa Belanda sehingga membuka wawasan dan pengetahuannya tentang berbagai hal utamanya pendidikan,” terangnya.

Keluar sebagai peserta terbaik pada kegiatan tersebut, juara I, II, dan III lomba mewarnai gambar, Binta (RA Al-Islam Sumurrejo), Juan (TK Bina Mandiri) dan Diah (TK Bina Mandiri). Lomba Hafalan Surat Pendek dan Do’a Sehari-hari, Tika Maulana (RA Al Islam Sumurrejo), M. Furqon Husni dan Aqyla. Sementara pada lomba Ajang Bakat Siswa, RA Al-Islam Sumurrejo, TK Al-Jannah dan TK At Taqwa. (sby-ch/gt)