Minimnya Peserta MTQ tingkat Kecamatan

Purbalingga – Menghadapi perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tahun 2018 di tingkat kabupaten,  Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Karanganyar bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Karanganyar menggelar MTQ Pelajar dan Umum Tingkat Kecamatan Karanganyar, Sabtu (21/07). Kegiatan yang direncanakan berlangsung sehari tersebut dilaksanakan dalam dua majelis. Hal tersebut dijelaskan Penyuluh Agama Islam Fungsional Wilayah Kecamatan Karanganyar dan Kertanegara, Sri Mulyati.

Menurutnya, Cabang Tilawah dilombakan di  Pendopo Sukarman Kecamatan Karanganyar  dalam Majelis I. Sedangkan Majelis II untuk Cabang Tartil bertempat di  Aula Lantai II  Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Karanganyar.

“Khusus untuk Majelis III Cabang Tahfizhul Quran tidak digelar karena minimnya peserta. Panitia sudah menetapkan untuk utusan cabang Tahfizhul Quran akan ditunjuk personil yang dianggap memiliki kompetensi di bidangnya,” jelas Sri Mulyati.

“Cabang Tilawatil Quran Pelajar diikuti oleh 56 orang terdiri dari 46 peserta tingkat SD/MI, 6 peserta SMP/ MTs, dan 4 orang tingkat SMA/ MA. Cabang Tartil diikuti oleh 65 peserta, terdiri dari 55 peserta SD/ MI, 6 peserta SMP/ MTs dan 4 peserta SMA/ MA. Sedangkan pada kategori Umum hanya diikuti oleh 10 peserta Anak-anak, 5 peserta kategori Remaja dan 4 peserta kategori Dewasa. Jadi total ada 140 peserta,” tambahnya.

Paimin selaku Camat Karanganyar berharap agar Panitia, Dewan Juri dan para peserta menjunjung tinggi sportifitas. MTQ adalah ajang bergengsi yang membawa aura agamis, sehingga harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh. Jangan ada kesan bahwa “lomba” sama dengan “lombo” (bohong, kebohongan – Red.) (sar/gt)