Momen Hardiknas, Siswa MTsN 1 Pati Persembahkan 33 Medali

Pati – Hari Pendidikan Nasional yang bertepatan dengan hari Minggu (2/5) lalu menjadi momen membanggakan bagi keluarga besar MTsN 1 Pati. Pasalnya untuk pertama kalinya dalam satu even, 13 siswa yang mengikuti ajang Smart Cikal Harapan atau OSCH yang diselenggarakan SMA Islam Cikal Harapan 2, berhasil memborong 33 medali yakni 1 emas, 9 perak dan 23 perunggu. Ajang perlombaan yang diikuti ke-13 siswa ini terdiri dari berbagai bidang diantaranya IPA, Matematika, dan Bahasa Inggris.

Ahmad Rifai Ikhsanudin, salah satu siswa peraih 1 emas (Bahasa Inggris) dan 2 perunggu (IPA dan MTK) mengaku tidak menyangka atas keberhasilannya dalam memperoleh 3 medali sekaligus. “Alhamdulillah banget bisa dapat, dari mata pelajaran yang berbeda-beda,” ucapnya.

Selama pandemi, Ia bersama dengan siswa lain yang tergabung dalam tim olimpiade melakukan bimbingan di asrama madrasah. Menurut Rifai, bimbingan yang diberikan oleh pihak madrasah sangat tertib dan teratur. Selain itu, guru pembimbingnya juga dirasa sangat menyenangkan saat melakukan bimbingan. “Gurunya asyik banget, jadi tidak monoton dan tidak membosankan,” katanya.

Dengan keberhasilan yang telah ia capai bersama dengan teman-temannya, Rifai berharap MTsN 1 Pati semakin berprestasi, bisa bersaing di kancah Internasional, semakin diminati, dan bisa melahirkan para pemuda hebat. “Untuk teman-teman, jangan menyerah, tetap semangat dalam memberikan yang terbaik karena yakin bahwa hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha,” katanya.

Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati menyebutkan raihan prestasi ini merupakan berkat Rahmat Allah, berkat bulan Ramadhan dan juga berkat usaha cerdas, keras, dan ikhlas para guru terutama guru pembimbing. “Alhamdulillah, atas apa yang telah diraih menunjukkan hasil positif. Semoga ini menjadi bukti MTsN 1 Pati patut menyandang Madrasah Unggulan Bidang Akademik, disamping Madrasah Riset.” ujarnya. (TiM/at)