Monitoring BMN, Kemenag Kebumen Gelar Apel Fisik BMN Portable

Kebumen – Dalam rangka pra opname fisik Barang Milik Negara (BMN portable) dan akurasi data BMN untuk perencanaan tahun 2022, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen menggelar apel fisik (BMN portable) di aula setempat, Senin(03/05)

Pada kegiatan tersebut seluruh pengguna dan penanggung jawab BMN hadir dan wajib menunjukkan barang yang dipakainya seperti leptop, kamera handycamp, hanphone/tablet dan sejenisnya.

Kepala Kankemenag H. Panut, yang berkesempatan memberikan pembinaan pada kegiatan tersebut menjelaskan, Tujuan apel ini adalah untuk memonitor dan mengendalikan keberadaan dan kondisi BMN yang dipegang oleh pegawai. Apakah masih layak pakai(baik) atau sudah tidak layak pakai(rusak) ataupun hilang.”Melalui kegiatan ini Saya ingin mendapatkan data yang akurat kondisi BMN yang sesungguhnya,” ujar Kepala Kankemenag.

Setelah terdata dengan baik dan akurat, harapannya akan mempermudah perencanaan kedepannya, baik pengadaan, perawatan maupun penghapusannya. Data tersebut juga akan mempermudah pengelola jika sewaktu – waktu dimonitor oleh pihak pengawas lainnya seperti Inspektorat Jenderal Kemenag RI, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) serta pemangku kepentingan lainnya.

Dalam pembinaannya Kepala juga meminta kepada seluruh pegawai yang diamanahi BMN agar merawat, memelihara dan menjaganya dengan baik dan penuh bertanggung jawab. “Gunakan dan rawat dengan baik untuk memperlancar tugas kita sehari-hari,” imbuhnya.(fz).