Monitoring Mahasiswa PPL Prodi PGMI FTIK IAIN Pekalongan

Kab. Pekalongan – Dalam rangka memantau sejauhmana progres pelaksanaan praktik pengalaman lapangan mahasiswa, pengelola prodi PGMI FTIK IAIN Pekalongan melaksanakan monitoring institusional di MI Sullam Taufiq. Selasa (21/9/2021).

Hadir dalam monitoring tersebut Marwan, S. Sos dari PGMI FTIK IAIN Pekalongan. Turut menyambut dalam kesempatan tersebut kepala MI Sullam Taufiq Kajen, M. Syaikhul Alim, S. Ag., M.S.I dan guru pamong Cipto Leksono, S.Pd.I dan Fian Yulia Nur Fatimah,M.Pd.

“Dari pengamatan kami, mahasiswa PPL tampaknya enjoy mengikuti PPL di MI Sullam Taufiq Kajen ini. Terbukti tidak ada laporan maupun keluhan dan kendala berarti dari mahasiswa selama melaksanakan PPL ini,” ujar Marwan.

Marwan juga menambahkan bahwa selama praktik mengajar selalu ada refleksi dan evaluasi yang dilakukan sesudah proses belajar mengajar, sehingga mahasiswa mengetahui kelebihan maupun kekurangannya dalam praktik mengajar. Pengalam ini menjadi penting bagi mahasiswa untuk memperbaiki kualitas mengajarnya.

Sementara itu M. Syaikhul Alim Kepala MI Sullam Taufiq mengatakan bahwa adanya PPL ini sebetulnya menjadi sarana mutual learning dimana tidak hanya mahasiswa yang belajar tetapi guru-guru kami juga banyak belajar dari adik-adik mahasiswa.

Mahasiswa sebagai generasi 4.0 tentu lebih IT literate sehingga kami juga belajar dari mereka. PPL ini berlangsung selama 45 hari mulai dari pertengahan Agustus sampai dengan akhir September 2021. Dari hasil monitoring ini secara keseluruhan pelaksanaan PPL berlangsung lancar dan baik. (Msa/Ant/bd).