Monitoring Pelaksanaan Ujian Madrasah Ibtidaiyah Tahun 2018

Temanggung – Mulai hari Senin 16-20 April 2018 Semua  peserta didik Madrasah Ibtidaiyah  di Jawa tengah melaksanakan Ujian Madrasah Berstandat Nasional untuk lima mata pelajaran Agama dan Bahasa arab.

Menurut pemantauan  tim monitoring dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung pelaksanaan ujian tahun ini lancar dan tertib. Semua Madrasah dapat didatangi tim pemantau yang terdiri dari unsur Pokjawas, pejabat dan staf di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten.

Miftakhul Hadi selaku ketua Pokjawas menjelaskan bahwa ujian tahun ini ada perbedaan yaitu adanya soal uraian disamping soal pilihan ganda. Konsekuensi dari kebijakan ini mengharuskan adanya koreksi secara manual terhadap jawaban soal uraian, jelasnya.

Selanjutnya dia juga mengungkapkan bahwa untuk koreksi jawaban soal uraian dilakukan di tiap Kecamatan dengan melibatkan guru kelas enam sebagai korektor.

Sementara itu dalam kesempatan terpisah Kasi Pendidikan Madrasah Munsiri menjelaskan bahwa untuk USBN yang tiga mapel yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam akan dilaksanakan bersama dengan sekolah dasar mulai tanggal 4 s.d 6 Mei 2018. Untuk penggandaan naskah Ujian tersebut dibiayai dari DIPA Kantor Kementerian Agama Kabupaten, sedangkan untuk kebutuhan lain seperti koreksi dan kepengawasan dibiayai dari dana BOS Madrasah dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten, pungkasnya.(nm/sr)