Motivasi Siswa MAN 1 Surakarta Lewat Stadium General Bareng Dosen UNS

Surakarta РAda yang istimewa di MAN 1 Surakarta, hari ini MAN 1 Surakarta kedatangan salah satu ilmuwan muslimah yang sudah malang melintang di tingkat internasional,  dialah Witri Wahyu Lestari, dosen MIPA UNS, Sabtu (28/7).

Kedatangannya dalam rangka program pengabdian masyarakat dari UNS dan dalam kesempatan ini, Witri memilih MAN 1 Surakarta sebagai tempat untuk program ini. Acara yang dihelat di Aula Utama MAN 1 Surakarta diikuti oleh siswa-siswi program IPA kelas 10, 11, dan 12 Boarding School dan Full Day. Dipilihnya MAN 1 Surakarta, menurut Witri, karena banyak alumninya yang kuliah di UNS, menunjukkan prestasi yang sangat membanggakan.

¬†“Saya sangat terkesan dengan MAN 1 Surakarta, mengingat banyak alumninya yang kuliah di UNS, khususnya MIPA Kimia, mampu menunjukkan prestasi akademik yang membanggakan. Seperti Husna Syaima yang kuliah S2 Kimia di Jerman, Tria Hikma, salah satu mahasiswi berprestasi UNS dan Dwi Nikmaturrohmah, yang baru dalam proses kuliah di Jerman,” jelas Witri.

Dalam kesempatan ini, Witri banyak memberikan wawasan dan motivasi kepada siswa, terutama bagaimana bisa melanjutkan kuliah di luar negeri. Menurut dosen berprestasi UNS tahun 2018 ini, salah satu kunci utama bisa kuliah luar negeri adalah tekad dan kemauan yang kuat.

“Dengan tekad dan kemauan kuat di dukung dengan sikap disiplin serta tetap berdoa, insha Allah impian kuliah luar negeri akan terwujud,” urai Witri.

Dalam kesempatan ini, Witri meminta siswa menuliskan mimpi-mimpinya serta membacakan di depan khalayak. Menurutnya, siswa tidak perlu malu jika mimpinya diketahui orang karena justru akan banyak orang yang mendoakan. Kalau pun tidak di doakan, mimpi itu akan jadi inspirasi orang lain.

Sementara itu Wardimin selaku Wakil Kepala bidang kurikulum yang mewakili Kepala MAN 1 Surakarta menyampaikan apresiasinya atas kedatangan Witri.

“Saya mewakili kepala madrasah sangat senang karena MAN 1 Surakarta menjadi tempat program pengabdian masyarakat UNS, apalagi yang datang adalah dosen yang sudah bertaraf internasional. Semoga siswa kami dapat menyerap energi positifnya dan tentu saja jadi penyemangat untuk menjadi yang terbaik,” kata Wardimin.

Acara yang dipandu Agus Dwi Prasetyo, guru MAN 1 Surakarta yang pernah kuliah di Jerman, diselingi dengan interaktif bersama siswa yang banyak menanyakan seputar kuliah di luar negeri.

Salah satunya adalah Ria Candrawati, siswi kelas 12 IPA 2, yang sangat senang dengan acara hari ini.

“Saya sangat senang bisa bertemu ibu Witri yang sudah sangat terkenal di dalam dan luar negeri. Ini sangat memotivasi saya untuk bisa mewujudkan mimpi bisa kuliah di luar negeri. Saya akan berusaha mewujudkan mimpi saya itu,” kata Ria di sela-sela acara. (rma/Wul)