MOU Penyuluh Agama Islam Kemenag Binroh Warga Binaan Rutan Wonosobo

Wonosobo – Dalam upaya mnencerdasakan dan melakukan bimbingan kepada anggota rutan Kabupaten Wonosobo, perwakilan rutan Wonosobo sambangi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo,  Senin (5/3).  Kunjungan tersebut guna untuk mengkoordinasikan  Bimbingan Rohani oleh Kemenag bagi warga rutan  sekaligus merealisasikan kerjasama yang sudah dijalin antara Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo dengan Rumah Tahanan (RUTAN)  Wonosobo.

.Adapun bentuk kerja sama yang sudah terjalin antar dua sektor tersebut yakni Kemenag mengirimkan penyuluh berikut materi untuk bimbingan Kemudian Rutan memfasilitasi keberlangsungan kegitan. Tujuan dari kerja sama tersebut yakni guna untuk membangun sinergitas antar sektor dalam mengembangkan SDM warga binaan, melakukan sosialisasi bersama untuk meningkatkan mutu SDM, menjalin komunikasi antar sektor agar tercipta Inovasi baru dan mampu membentuk dan memberikan pendidikan karakter pada warga binaan  oleh kemenag Wonosobo.

Menurut bidang pelayanan rohani rutan, Surakhmad mengungkapkan, kerjasama antar sektoral ini diharapkan warga binaan setelah keluar dari Lembaga Permasyarakatan paling tidak, sudah bisa adzan, sholat, baca tulis Al Qur'an dan memiliki kemampuan keagamaan lainnya.

“Beranjak dari latar belakang mereka ada disini, dirasa sangat perlu dilakukan bimbingan rohani ini, harapannya bisa membentuk karakter kepada warga binaan, dan memberikan motivasi sekaligus setidaknya mereka ketika keluar nantinya bisa beradaptasi kembali kepada masyarakat dengan membawa beberapa bekal keagamaan yang di berikan pihak rutan,”ungkapnya.

Sementara itu, menurut kasi Bimas Islam, Mahbub  mengapresiasi niatan dari Rutan Wonosobo untuk menjalin kerjasama tersebut, menurutnya dalam aspek memberikan bekal kepada warga binaan guna untuk meningkatkan mutu SDM merupakan sebuah tanggung jawab segala sektor pemerintah, “dalam melakukan binaan, hal itu tentu tidak bisa dilakukan sendiri oleh salah satu pihak, harus ada kerjasama lintas sektor. Dengan MOU ini bersama-sama kita melangkah untuk meningkatkan mutu sdm warga binaan rutan Wonosobo,” terangnya.

Selanjutnya, dalam koordinasi tersebut, pihak Kemenag Wonosobo akan memberikan Binaan Kepada Warga Rutan dengan melibatkan beberapa pihak terkait yang terjun langsung ke Lapangan guna untuk melakukan binaan. Adapun perwakilan dari pihak Kemenag yakni perwakilan Penyuluh ‘Wakhid Setyawan dan Mustofa Alkifli, Kasi Bimas Islam Mahbub, dan dari bagian Bimbingan Rohani Pelayanan Tahanan di wakili oleh Surakhmad.

Dari bimbingan tersebut salah satu Warga Binaan yakni Waluyo menceritakan Rutinitas yang dilakukannya yakni puji-pujian atau shalawatan. “Kami pujian ba'da Adzan Magrib, Sair dari Jenengan pak Kyai WONG CILIK COBAANE ORA GEDHE – WONG GEDHE COBAANE ORA CILIK , Setelah melakukan pujian kami merasa Adem ayem Ces and Cool,” bebernya.

Syair tersebut diberikan kepada warga binaan oleh Mustofa Alkifli yang didapatkan dari KH. Achmad chalwani Nawawi Berjan. (PS-WS/rf)