MTQ Adalah Wadah Mencari yang Terbaik dari yang Baik

Temanggung – Sejumlah pelajar Kabupaten Temanggung dari tingkat SD/MI hingga SLTA/MA/SMK, mengikuti Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) pelajar tingkat Kabupaten Temanggung, Rabu (30/8) yang pembukaannya di laksanakan di Pendopo Pengayoman Temanggung. Sedangkan pelaksanaan lomba MTQ dilaksanakan di sepuluh lokasi / majlis.

Plt. Kepala Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Ahmad Sugijarto, menyampaikan MTQ pelajar sebagai sarana prasarana yang dapat meningkatkan gairah generasi muda Islam khususnya pelajar dalam membaca, menghafal dan menghayati kitab suci Al Qur’an, yang pada gilirannya mampu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

 “MTQ bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan membaca dan menghafal Alquran sekaligus meningkatkan prestasi dan prestise umat Islam serta menjadi indikator yang lebih jelas untuk meningkatkan kwalitas beragama.  Selanjutnya Ahmad Sugijarto berharap MTQ pelajar untuk mencari kejuaraan didalam seni baca Al Qur’an juga hendaknya dapat dijadikan media untuk membekali diri agar menjadi mukmin yang sejati. MTQ juga dapat meningkatkan dan mendorong semangat bagi generasi muda khususnya pelajar dalam memahami, menghayati dan mengamalkan isi kandungan kitab suci Al Qur’an dan juga sebagai ajang untuk melatih dan membekali diri menuju hari esuk yang lebih Islami, guna meraih kesejahteraan dan kebahagiaan yang hakiki.

Lebih lanjut MTQ mempertandingkan beberapa cabang seperti tilawah, tartil dan tahfidz. “Cabang tilawah diperuntukkan tingkat SD/MI putra dan putri, tilawah untuk SMP/MTs putra dan putri, dan SMA/SMK/MA putra dan putri”  katanya.

Dikatakan, cabang Tartil diperlombakan untuk SD putra dan putri SMP/MTs putra dan putri serta tartil SMA/SMK/MA putra dan putri.

“Sedangkan cabang Tahfidz memperlombakan tahfidz 1 juz dan tilawah untuk tingkat SMP/MTs putra dan putri, serta tahfidz 5 juz  dan Tilawah untuk tingkat SMA/SMK/MA putra dan putri” ujarnya.

Peserta merupakan pemenang dari masing-masing kecamatan pada lomba yang sama. “Selain menghidupkan tradisi mencintai dan memuliakan Al Quran lomba ini juga menjadi cikal bakal peserta MTQ nasional” katanya.

Salah satu manfaat penyelenggaraan MTQ ini adalah peningkatan kualitas generasi terutama pada sisi moralitas anak bangsa bisa terwujud. “Dengan penyelenggaraan MTQ Insya Alloh peningkatan kualitas generasi dapat dicapai,” harapnya.

Wakil Bupati Temanggung, Irawan Prasetya di dalam sambutannya mengatakan selain lomba MTQ ini sebagai sarana yang efektif dalam pengenalan dan pendalaman Al Quran.

“MTQ juga menjadi ajang seleksi mencari bibit-bibit Qori dan Qoriah terbaik Kabupaten Temanggung” ungkapnya. Kegiatan MTQ merupakan sarana mendapatkan generasi terbaik yang akan mewakili Kabupaten Temanggung dalam kancah yang lebih tinggi.

“MTQ adalah wadah mencari yang terbaik dari yang baik-baik sehingga nanti kita akan dapatkan peserta MTQ pilihan yang akan mewakili Kabupaten Temanggung di tingkat Provinsi” katanya.(sr/Af)