MTQ Bukan Sekedar Kompetisi

Pemalang – Sebagai persiapan mengarungi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat provinsi tahun 2017, Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kankemenag Kabupaten Pemalang menggelar Pembinaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Kabupaten di MTs Negeri Pemalang, Selasa (24/10).

Pembinaan diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari para juara pertama dan kedua MTQ pelajar dan umum tingkat Kabupaten Pemalang yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.

Kepala Seksi Bimas Islam, M. Husin mengatakan dalam laporannya, kegiatan pembinaan diharapkan dapat menambah bekal ilmu untuk mengikuti seleksi tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Masih ada waktu untuk persiapan menjelang seleksi MTQ tingkat Provinsi Jawa Tengah. Pembinaan tingkat kabupaten diharapkan bisa menambah bekal ilmu bagi kafilah Kabupaten Pemalang. Ilmu yang hari ini diperoleh agar dikembangkan lebih baik lagi,” ujar Husin.

Sementara itu Kepala Kankemenag, Taufik Rahman dalam sambutannya meminta kepada pembimbing dan pelatih untuk membimbing kafilah dengan sebaik-baiknya. Kafilah diharapkan tetap percaya diri dan tidak minder saat mengikuti seleksi tingkat provinsi.

MTQ diharapkan Taufik bukan hanya sekedar kompetisi, namun ada maksud yang lebih besar lagi.

“MTQ diharapkan bisa meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama sesuai visi dan misi Kementerian Agama. Dengan semangat MTQ diharapkan bisa membumikan minat baca Al-Qur’an yang mana bukan sekedar membaca tapi sudah menjadi kebutuhan, untuk meningkatkan iman dan taqwa,” jelas Taufik.

Seusai acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan oleh tiga orang pembimbing. Ustadz Khaerudin sebagai pembimbing tilawah, sementara Ust. Edi Zainudin membimbing tahfid, dan Ust. Abu Khozin sebagai pembimbing tartil.

Peserta dibagi ke dalam tiga kelompok sesuai bidangnya. Pada mulanya masing-masing pembimbing menjelaskan teori. Selanjutnya peserta diuji satu-satu untuk kemudian dievaluasi oleh pembimbing.

MTQ Pelajar XXXII tingkat Provinsi Jawa Tengah akan dilaksanakan pada tanggal 15-18 November 2017 di Kota Surakarta. Sedangkan untuk tingkat Umum XXVI akan dilaksanakan pada tanggal 4-7 Desember 2017 di Asrama Haji Donohudan Kabupaten Boyolali. (fi/rf)