MTQ Bukan Sekedar Lomba Baca Al Quran

Pemalang – Untuk menjaring bibit-bibit potensial di Kabupaten Pemalang, Pemerintah Kabupaten Pemalang bersama Kankemenag dan LPTQ Kabupaten Pemalang mengadakan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) pelajar XXXIII dan umum XXVIII tingkat Kabupaten Pemalang, Kamis (1/11).

Kegiatan dibuka oleh Asisten Ekonomi Pembangunan, Drs. Supaat mewakili Bupati Pemalang yang ditandai dengan memukul bedug di pendopo kabupaten. Forkopimda, Kepala OPD terkait, Camat, dan Kepala KUA se-Kabupaten Pemalang turut menghadiri acara pembukaan. Supaat berharap kegiatan MTQ dapat berjalan dengan aman dan tertib.

“Salah satu tujuan MTQ adalah menguatnya jalinan persaudaraan sesama muslim dan sesama bangsa Indonesia. Saya berharap MTQ dapat berjalan dengan aman dan tertib sehingga manfaat dari event ini benar-benar diperoleh,” harap Supaat.

Supaat menambahkan, MTQ bukanlah sekedar lomba membaca Al Quran secara indah semata. Namun wahana untuk memahami serta mengimplementasikan ajaran Al Quran.

“Terkait upaya untuk membentuk masyarakat yang berakhlak mulia, keprihatinan akan merosotnya moral generasi muda, yang semakin jauh dari nilai-nilai agama. Hal ini tidak boleh dibiarkan, harus ada upaya-upaya yang nyata. Melalui momentum ini, saya mengajak qari dan qariah untuk menjadikan MTQ ini bukan semata lomba belaka, namun momentum untuk memahami kandungan Al Quran sebagai bekal sehari-hari,” katanya.

MTQ tingkat Kabupaten Pemalang melombakan beberapa cabang yaitu Tilawatil Quran golongan SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA putra dan putri, Tartil Quran golongan SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA putra dan putri, dan MTQ umum dewasa putra dan putri.

Adapun tempat pelaksanaannya di pendopo kabupaten, aula Kankemenag, aula BKD, Mushola Baitul Hafidz, Mushola Al Amin, aula Kesbang Pol, dan aula Pondok Pesantren Salafiyah. (fi/rf)