MTQ dan STQ Tingkat Kabupaten, Lahirkan Generasi Qur’ani Pati

Pati – Dari 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Pati setidaknya terdapat 546 peserta Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke 25 tingkat kabupaten yang digelar di Pendopo, Rabu pagi (5/9/2018). STQ yang bersamaan dengan pemuliaan atau Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 34 ini melombakan dua cabang, yakni tilawatil dan hifdzil Qur’an. Ulasan ini disampaikan Kasi Bimas Islam Kankemenag Kab. Pati Alimin, di ruangannya, Selasa (25/9/2018).

Peserta diikuti dari kalangan pelajar SD hingga umum. Melalui jumlah peserta itu, diharap mampu memasyarakatkan bacaan Qur’an di Kabupaten Pati. Dengan gelaran ini, mampu meningkatkan pemahaman makna dari bacaan Qur’an dan diaplikasikan dalam kehidupan social, terang Alimin.

Pada sambutan Bupati Pati Haryanto mengatakan, alhamdulillah pada hari ini kita dipertemukan dalam agenda Tahunan MTQ Tingkat Kabupaten yg nantinya akan di kirim ke tingakat Provinsi, selama ini perwakilan dari Kabupaten Pati ditingkat Provinsi Maupun Nasional hasilnya sangat membanggakan.

Kabupaten Pati sangat potensi untuk mengembangkan baca, tulis dan hapalan Al – Qur’an, karena Pati masyarakat Islami, berbagai Ponpes, Madrasah, Masjid” yg mengajarkan tentang baca, tulis, hafalan Al – Qur’an, tinggal kita sebagai orang tua bisa mengarahkan dan membimbing anak”nya, ujar Haryanto

Terima kasih kepada para pembina, guru di sekolah maupun Madrasah yg telah dengan susah payah menyiapkan para Qori mulai dari seleksi tingkat kecamatan sampai tingkat kabupaten yg nantinya akan di lombakan ke tingkat Provinsi maupun Nasional, katanya.

Harapan kita dengan adanya SPI dan MTQ bukan semata” mencari juara tetapi yg lebih penting adalah menyiapkan generasi muda yang bermental Agamis dan melaksanakan ajaran” agama yg selama ini di dapat dari Pendidik, pembina baik di sekolah maupun Pondok.

”Semoga kegiatan positif ini dapat pula berdampak positif. Dimana semarak bacaan Qur’an akan menghiasi Kabupaten Pati. Serta dengan perlombaan ini, dapat terus melahirkan generasi-generasi Qurani di Bumi Mina Tani ini,” harap Bupati Haryanto.

Perlombaan sendiri digelar di beberapa tempat di komplek Pendopo Kabupaten Pati. Seperti di Ruang Pragola, Ruang Joyokusumo, Ruang Rayung Wulan, Aula PKK, Aula Satpol PP, Ruang Kabag Organisasi, dan beberapa ruangan di Setda Kabupaten Pati lainnya, papar Alimin.

Bagi peraih prestasi pertama hingga ketiga mendapat pembinaan lebih lanjut selain mendapat uang pembinaan dan piala. Pembinaan tersebut akan menentukan siapa-siapa yang bakal mewakili Kabupaten Pati dalam ajang yang lebih tinggi. Yaitu di MTQ Pelajar tingkat provinsi ke 33 yang bakal digelar pada 12 hingga 15 November mendatang di Kendal, pungkas kasi Bimas Islam mengakhiri keterangannya. (AM/bd)