MTQ, Gerbang Kesuksesan Dunia Akherat

Surakarta – Panitia Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Kecamatan Jebres Kota Surakarta menindaklanjuti hasil Rakor Panitia MTQ Pelajar Tingkat Kecamatan Tahun 2018, dengan menyelenggarakan perlombaan MTQ Tingkat Kecamatan Jebres, yang mengambil tempat di SMPN 8 Surakarta, Rabu (14/3).

Kegiatan yang diadakan  di aula SMPN 8 Surakarta tersebut dihadiri Wakil Walikota, Achmad Purnomo, Muspika Kecamatan Jebres, Dewan Hakim MTQ, Pejabat dari Kankemenag Kota Surakarta, Panitera dan  Tamu Undangan MTQ Tingkat Pelajar Kecamatan Jebres, Surakarta.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Surakarta, Achmad Purnomo menyampaikan bahwa kegiatan MTQ di kecamatan Jebres ini merupakan kegiatan di tingkat kecamatan yang pertama kali dilakukan se-Kota Surakarta. Purnomo berharap bahwa kegiatan ini mampu menemukan potensi-potensi yang ada di kecamatan Jebres, khususnya para pelajar.

“Saat ini banyak anak muda maupun pelajar khususnya yang lebih suka memegang telepon pintar (gawai) daripada Al Qur’an,” ujar Purnomo.

Peserta lomba merupakan calon penerus bangsa yang harus bisa menjadi pelopor dan semangat yang positif dalam masyarakat yang bergunna bagi diri sendiri,masyarakat, bangsa dan Negara.

Dampak MTQ menurut Wakil Walikota Surakarta bahwa pelajar mempunyai potensi yang cukup besar sehingga dibutuhkan pembinaan yang intensif agar para pelajar dapat mengembangkan bakatnya khususnya di Kecamatan Jebres.

“Semoga dengan kegiatan ini bisa menjadi gerbang kesuksesan dunia akherat,” lanjutnya.

Ketua Panitia MTQ Kecamatan Jebres yang sekaligus Plt. Kepala KUA Kecamatan Jebres, Arba’in Basyar, menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahunnya. Cabang lomba antara lain Tilawatil  Qur’an dan Tartil Qur’an untuk golongan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, putra dan putri. Hifdzul Qur’an untuk golongan 1 juz dan Tilawah SMP/MTs., 5 juz dan Tilawah SMA/MS/SMK, putra dan putri.

“Tujuan diadakan MTQ ini untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an bagi pelajar dan masyarakat. Mewujudkan penghayatan dan pengamalan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari menuju masyarakat Kota Surakarta yang religius moderat. Meningkatkan dan memacu prestasi Kota Surakarta khususnya di bidang pengembangan Tilawatil Qur’an,” papar Arba’in Basyar.

MTQ untuk kecamatan Jebres kali ini pesertanya berjumlah 116 peserta yang terdiri dari 11 peserta Tilawah/Tahfidz, 34 peserta Tartil SMP/MTs dan 71 peserta SD/MI. (rma/Wul)