MTQ Pelajar, Kembangkan Bakat Seni Baca Al Quran

Klaten – Kementerian Agama Kabupaten Klaten, melalui KUA Kecamatan Karanganom menggelar lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Pelajar ke-33. MTQ tingkat Kecamatan tersebut diadakan untuk mengembangkan bakat dan prestasi pelajar Kecamatan Karanganom dalam seni membaca Al Qur’an.

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan di lantai 2 Aula Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Karanganom. Tampak hadir dalam acara tersebut Muspika Kecamatan, dan para guru pendamping pelajar dan peserta MTQ seKecamatan Karanganom, Jumat (12/10).

Muslih, Kepala KUA Kecamatan Karanganom, berkesempatan membuka agenda tahunan itu. Dalam sambutannya, Muslih berpesan agar generasi muda, khususnya pelajar di kecamatan Karanganom, senantiasa mencintai dan berpegang teguh pada Al Quran.

“MTQ Pelajar ini dapat menelurkan juara yang nantinya dapat mewakili Karanganom di tingkat Kabupaten Klaten, atau bahkan ke tingkat yang lebih tinggi,” harap Muslih.

Memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan MTQ di Kecamatan Karanganom. Hal itu merupakan upaya nyata memotivasi cinta Al Quran, membangun generasi yang Qurani yang senantiasa beriman dan bertaqwa, dan mempertebal rasa cinta kita kepada Allah SWT.

“Semoga MTQ Pelajar ke-33 ini dapat berlangsung dengan sukses, memberikan manfaat yang besar, dan dapat menghasilkan pelajar-pelajar berprestasi di bidang seni baca Al Quran,” tuturnya.

Selanjutnya Muslih mengungkapkan, bahwa dalam pelaksanaan kegiatan MTQ ada 12 cabang yang dilombakan, beberapa diantaranya adalah tilawah, tartil, tahfid tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA, serta tafsir Al Quran.

“Selain itu, kegiatan tersebut tidak hanya sekadar seremonial dan mencari bibit saja, namun bagaimana melakukan syiar agama dan mengajak masyarakat untuk membaca Al Quran,” imbuhnya.

Di akhir sambutannya, Kepala KUA Karanganom berharap agar kedepan dapat muncul juara-juara MTQ dari Karanganom, baik itu juara tingkat Kabupaten maupun Provinsi.(aj/sua)