MTQ Pelajar,Upaya Tingkatkan Kecintaan Generasi Qurani

BLORA – Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) pelajar merupakan sebuah momentum untuk meningkatkan kecintaan generasi muda saat ini untuk lebih mencaintai Alquran baik secara tilawah tartilnya maupun tahfidz (hafalannya).

Untuk itu, diperlukan suatu upaya membina pelajar baik dari tingkat SD/MI, SMP/MTs maupun SMA/SMK/ MA dalam suatu perlombaan MTQ secara rutin sehingga bisa bermanfaat bagi upaya peningkatan kualitas kefasihan membaca AlQuran.

Demikian diungkapkan kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar dalam pembukaan MTQ pelajar kemaren (28/10) di halaman kankemenag Blora.

“alquran sebagai petunjuk jalan dan penerang hidup kaum muslimin sehingga pelajar hendaknya terus ditanamkan untuk mencintai dan melestarikan pengamalan Alquran melalui ajang perlombaan MTQ seperti ini”ungkapnya serius.

“Sekolah hendaknya menyelenggarakan pendidikan Alquran mulai membaca, memahami seterusnya mengamalkannya. Proses pendidikan Alquran dimulai dengan mendekatkan pelajar pada Alquran, melalui MTQ diharapkan dapat menginternalisasi nilai-nilai Alquran di tengah kehidupan dan dengan memahami Alquran, cinta Allah, cinta Rasulullah dan Negara kafilah MTQ harus menjadi pelopor terdepan dalam mencintai Negara,” ungkap Nuril tegas.

“untuk itu, kami berharap baik pembina MTQ pelajar maupun official yang mendampingi terus berupaya untuk memberikan semangat motivasi siswa untuk memberikan penampilan terbaiknya sehingga kita bisa menjadi juara MTQ tingkat propinsi maupun nasional seperti MHQ tahun ini”lanjutnya.

Sementara itu, Kasi Bimas Islam sebagai panitia penyelenggara MTQ Pelajar Kabupaten, Masfuin,M.PdI menyampaikan bahwa siswa yang mengikuti lomba merupakan pelajar dari semua Kecamatan yang sudah diseleksi perlombaan di KUA masing masing sehingga diharapkan bisa lebih optimal dalam mengikuti perlombaan tersebut.

Masfuin menyampaikan bahwa MTQ diikuti peserta mulai tingkat SD, SMP, SMA/SMK dan madrasah baik MI,MTs maupun MA yang  bertujuan untuk menyeleksi kafilah dengan peserta terbaik tingkat Kabupaten, sebagai sarana pembinaan iman dan taqwa, serta sebagai evaluasi keberhasilan guru PAI dan madrasah dalam proses belajar mengajar Alquran karena cabang perlombaan meliputi tilawah, tartil, maupun Hifdzil Alquran.

Adapun peserta  mengikuti perlombaan dengan penuh antusias dan memberikan penampilan terbaiknya sehingga diperoleh hasil kejuaraan antara lain Lomba tartil SD/MI Putra Juara I M. Agus Sholahudin dari SD/MI Ummina, Juara II M. Yasir Kamil dari MI Khozinatul ‘Ulum, M.Kholid Yasir dari MI Muhammmadiyah Mojorembun, Menden, cabang tartil SD/MI Putri Juara I, Umamh dari SDN I Kunduran, Juara II Siti Sofiah Sofi dari MI Darul Ulum Tanggel, Siti Khoirun Nadhiroh dari SDN 2 Turirejo Jepon.

Untuk Cabang tartil SMP/MTs Putra, Hafiz Sofalista,SMPN I Kunduran,Juara II A.Teguh Wibowo dari MTs Salafiyah Randublatung, Juara III Khasan dari SMP Al Muhammad Cepu, cabang tartil SMP/MTs Putri Yeni Septiyani dari SMPN 2 Kunduran, juara II Noviani Putri IN, SMPN I Japah, Juara III Nurul Fatonah dari MTsN jepon dan cabang tartil tartil SMA/SMK/MA Putra, Fredy Rizqiansyah, SMK NU Kunduran, juara II Moh. Edy Susanto dari SMAN I Blora, Juara III Choirul Wafi dari MA Kartayuda, dan cabang tartil SMA/SMK/MA Putri, Juara I, Siti Nur Asiyatul M, SMK NU Kunduran, Juara II, Zahrotun Nikmah, dari MA Mararif Randu, juara III, Siti Khoirin dari SMK Al Hikmah Blora.

Lomba cabang tilawah SD/MI Putra, Juara I,Najih Muhammad, dari MI Manggir Todanan, Juara II M. Ihasan Haris Safaat,MI Assalam Tambakromo Cepu, Juara III M.Faiz Hasbullah, MI Himmatul Muaimin Banjarejo, dan cabang tilawah SD/MI Putri, Juara I, Sofatul Mutoharoh, dari MI Assalam Tambakromo Cepu, juara II Siti Arifatul Masafufah dari MI Darul Ulum Randu, Juara III, Siti Nur Ferawati dari MI Muhamamadiyah mojorembun Menden.

Pemenang Lomba cabang tilawah SMP/MTs putra, juara I,M. Sumbaji dari MTs Salafiyah Randublatung, Juara II Imam Qoriatul Azis,dari MTs Kedungtuban, Juara III Abdullah Thoriqu Ulwi, dari MTs kasyful Amal, Jiken, dan untuk cabang tilawah SMP/MTs Putri, Fazza Fatimatuz Zahra,SMP Kartayuda Kedungtuban, Juara II Shofi Malikha, MTs Sultan Agung, dan juara III Nuzuli Rohmah dari MTs Bogorejo.

Untuk Cabang tilawah SMA/MA/SMK Putra, Juara I Ali Rifki, MA Kartayuda Kedungtuban, Juara II, Firdaus Nur Alim, SMK Muhammadiyah Blora, Juara III Deni Irawan, SMAN I Jepon, Lomba Tilawah SMA/MA/SMK Putri juara I Fatihatun adhiroh dari SMA AL Muhmmad Cepu, Siti Fadlatul Nisak, MA Kartayuda Kedungtuban, Juara III Sri Lisa Lestari,MA MA’a’rif Randu.

Adapun cabang tahfidz I Juz dan tilawah SMP/Mts Putra Juara I, Muhanda Indrajid,SMPN I Blora, Juara II Muhammad Dzakiyatul Umam dari MTs Kasyful Amal, Juara III Moh Tariqul Muttaqin dari MT s Al Huda Kunduran, Cabang Tahfidz 1 juz dan tilawah SMP/Mts Putri, juara I jamiatun Hasanah dari MTs Nurul Huda Ngawen, juara II Zulfia Azimatun Nadzifah, SMP Al Banjari dan Juara III Nur Fitria Novianti dari SMPN 3 Kunduran.dan cabang tahfidz 5 juz dan tilawah SMA/MA/SMK Putra Juara I Najih Asykur Qowin dari MA Safinatun Najah, juara II Dwi Adzim dari SMAN I Blora dan cabang tahfidz 5 juz dan tilawah SMA/MA/SMK putri Juara I, Siti Nur Azizah, dari SMA AL Muhammad Cepu, Juara II Lutfi Nur Aini, dari MA Safinatun Najah, dan juara III Nur Naria Dina Ramadhan dari MA Sultan Agung Ngawen.

Di akhir lomba, Kasi Bimas Islam,Maspuin,M.PdI  memberikan hadiah berupa piala kepada para pemenang lomba dan diharapkan bisa tampil lebih baik lagi dalam perlombaan berikutnya sehingga membawa nama baik Blora. (Ima/bd)