MTs Hasyim Asy’ari Kradenan Terima Piagam Madrasah Unggulan Riset

Blora- Diberikannya SK sebagai madrasah riset adalah salah satu upaya untuk mendongkrak prestasi madrasah dari aspek kognitif. Nantinya siswa madrasah riset dapat diikutsertakan dalam berbagai bidang keilmuan, inovasi dan lomba karya tulis ilmiah.

MTs Hasyim Asy’ari Kradenan merupakan salah satu madrasah yang ditunjuk sebagai madrasah riset, sesuai SK Nomor 6989 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Pembelajaran Riset di Madrasah. Madrasah riset ini adalah konsep pengembangan madrasah yang mendorong penyelenggaraan riset oleh peserta didik.

Pada Rabu (15/9) Kakankemenag Kab. Blora didampingi Kasi Pendidikan Madrasah Fathul Himam menyerahkan sertifikat Madrasah Unggulan kepada MTs Hayim Asy’ari Kradenan sebagai Madrasah Unggulan Riset.

“Kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kanwil Kemenag Prov.Jateng yang telah memberikan sertifikat  Madrasah Riset yang diberikan melalui Kakankemenag Kab. Blora.” ucap Sholihin selaku Kepala MTs Hasyim Asy’ari Kradenan

Ia juga beraharap dengan diberikannya penghargaan tersebut dapat mengembangkan riset di madrasah dan semakin aktif mengikuti perlombaan.

“Mudah-mudahan dengan mendapatkan penghargaan ini dapat memicu teman-teman terutama tim riset di madrasah untuk memberikan perhatian lebih dalam mengembangkan riset.” katanya.

Dalam sambutannya, Sholihin menyampaikan capaian prestasi siswa-siswi MTs Hasyim Asy’ari dalam dunia riset sejak tahun 2013 sampai dengan 2021. 

“Kami memiliki rencana pengembangan riset untuk ke depan diantaranya, menghadirkan pendamping riset dari PW LP Ma’arif PWNU Jawa Tengah, mengintegrasikan riset dalam sistem pembelajaran di MTs Hasyim Asy’ari Kradenan serta menggandeng pertamina CPP Gundih dalam melaksanakan kegiatan riset.” ujar Kepala MTs Hasyim Asy’ari 

Menurutnya, dalam mengembangkan riset ia bersama tim melakukannya dengan penuh pengabdian dan kesungguhan. Meskipun selama ini di MTs tersebut belum memiliki pendamping ahli riset, mereka tetap proaktif di berbagai event penelitian.

“Perlu lebih gila untuk mewujudkan MTs Hasyim Asy’ari benar-benar menjadi madrasah riset. Dan perlu guru-guru yang memiliki ide gila untuk mewujudkan MTs Hasyim Ay’ari menjadi Madrasah Kelas Dunia.” tegas Sholihin di penghujung sambutannya.

Kasi Pendidikan Madrasah (Pendma) Fathul Himam, mengapresiasi pencapaian MTs Hasyim Asy’ari tersebut.

“Melalui SK No. 6989 tersebut kami turut mengapresiasi atas prestasi ini. Dengan mentradisikan riset pada anak sama dengan melatih anak-anak dapat berpikir secara logis dan kritis. Madrasah ini kita dorong menjadi madrasah pelopor riset. Semoga ke depan ada madrasah riset sehingga banyak menciptakan anak-anak yang berprestasi dan kritis.” kata Himam

Sebagai bentuk dukungan Kemenag terhadap madrasah riset, Kakankemenag Kab. Blora menyampaikan bahwa madrasah yang berbasis riset diminta untuk menambahkan kegiatan penelitian atau riset tersebut ke dalam kurikulum intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.

“Kami memberikan apresiasi, mudah-mudahan MTs Hasyim Asy’ari ini menjadi madrasah unggul yang mandiri dan berprestasi sesuai dengan harapan kita dan kakanwil.” ucapnya saat memberikan pembinaan pada penyerahan sertifikat madrasah riset di MTs Hasyim Asy’ari (15/9). (nn/rf)