MTs Negeri 1 Tegal Adakan Pelatihan Jurnalistik

SLAWI – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Tegal, Selasa (2/10) menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik di aula madrasah. Kegiatan yang dibuka Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal menggandeng Radar Tegal sebagai narasumber.

“Kegiatan ini bertujuan melatih siswa untuk lebih terampil menulis berita terkait sekolah,” ungkap Kepala MTs Negeri 1 Tegal Mukhlasin dalam sambutannya.

Menurut dia, kemampuan menulis bagi siswa sangat diperlukan. Terutama di era keterbukaan informasi saat ini dimana setiap orang bisa mengakses dan mendapatkan berita terkait hal apapun dengan mudah.

Kecanggihan teknologi informasi saat ini, menurutnya memberi peluang bagi mereka untuk hal itu.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tegal Banu Hamdan dalam kesempatan yang sama menambahkan, kegiatan ini memang diperlukan siswa untuk mengasah keterampilan siswa dalam menulis. Utamanya dalam kegiatan jurnalistik.

“Nanti kalian akan belajar bagaimana melakukan wawancara yang baik dan menuliskannya dalam berita,” ucap dia sebelum membuka acara.

Sementara itu Ahmadun selaku Ketua Penyelenggera melaporkan, “peserta pelatihan jurnalistik ini diikuti oleh 67 peserta terdiri dari 50 peserta didik dan 17 guru pendamping”.  Pola yang digunakan adalah penyampaian materi oleh redaktur Radar Tegal, pada sesi selanjutnya bimbingan praktik langsung peserta oleh guru pendamping melalui pembagian kelompok.

Dengan model terapan seperti ini diharapkan siswa dapat membuat berita khususnya untuk publikasi kegiatan satker madrasah kepada masyarakat luas, tambah Ahmadun.

Dalam pelatihan itu, Khikmah Wati sebagai narasumber menjelaskan beberapa hal terkait jurnalistik. Di antaranya terkait dengan unsur berita, tips wawancara, struktur tulisan dan lainnya. Selanjutnya kegiatan berakhir dengan praktik menulis yang dibimbing para guru pendamping.  (Byroni/rf)