MTs 2 Banjarnegara gelar workshop riset

MTs Negeri 2 Banjarnegara Gelar Workshop Riset

Banjarnegara – Kamis, (24/6) merupakan hari terakhir kegiatan Workshop yang diselenggarakan MTs Negeri 2 Banjarnegara. Workshop ini dilaksanakan untuk melatih peserta didik membuat penelitian sederhana dari berbagai bidang seperti agama, sosial humaniora, rekayasa, dan sains.

Kegiatan tersebut diikuti oleh kelas riset yang dibentuk oleh pihak madrasah dan kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari usaha pihak madrasah dalam pengelolaan riset di madrasah. Workshop tersebut dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 23-24 Juni 2021. Kegiatan tersebut di buka oleh Ratna Ayu Kartika Wulan selaku kepala madrasah.

Peserta didik yang mengikuti kegiatan tersebut juga merupakan para peserta didik yang berprestasi di madrasah. Tidak hanya peserta didik yang mengikuti workshop tersebut, guru pembimbingpun ikut serta mendampingi para peserta didik dalam kegiatan tersebut.

Lili Maenani guru berkompeten dibidang penelitian dan riset dari MAN 2 Banjarnegara yang juga sebagai narasumber menyatakan pentingnya melakukan sebuah riset.

“Penelitian itu dimulai dari bagaimana membuat penelitian yang baik sampai bagaimana penulisan penelitian yang baik dan sistematis. Selain itu perlu menemukan masalah-masalah sederhana di sekitar hingga membuat rumusan masalah dari masalah yang ditemukan dan kegiatan tersebut dilakukan secara kelompok,” ungkapnya

 “Ternyata membuat penelitian tidak susah hanya memang kita harus kritis dengan keadaan di sekitar kita,” ujar Iqbal salah satu peserta dalam workshop tersebut.

Setelah mereka mempunyai masalah yang harus dipecahkan mereka diajarkan presentasi hasil temuan masalahnya di depan teman-temannya. Dengan tujuan agar terbiasa melakukan presentasi, terutama presentasi hasil penelitian yang dilakukan.

“Kalau yang tidak terbiasa presentasi memang susah melakukan presentasi apalagi di depan banyak orang, namun apa salahnya mencoba dulu untuk terbiasa melakukannya,” ungkap Lili.

Pada akhir acara penutupan, Wangid Sunandar selaku waka kurikulum mengatakan semoga kegiatan ini memberikan banyak manfaat.

“Besar harapan madrasah dari kegiatan ini, salah satunya adalah membuat para peserta didik menjadi peneliti muda yang hebat. Serta agar mereka mampu bersaing dalam bidang riset melalui lomba-lomba riset yang ada, sehingga mampu membawa nama baik MTs Negeri 2 Banjarnegara di tingkat kabupaten, provinsi ataupun nasional,” pungkasnya (ws/ak/rf)