MTs Negeri 2 Rembang Launching Website Literasi

MTs Negeri 2 Rembang – Peluncuran Website Literasi MTs Negeri 2 Rembang adalah untuk membuktikan konsistensi meningkatkan budaya literasi bagi seluruh komponen madrasah, termasuk orang tua/wali murid dan masyarakat luas.

Walaupun sebelumnya MTs Negeri 2 Rembang telah memiliki website dan blog resmi, namun guna memfasilitasi siswa dan guru dalam membudayakan literasi, website ini diluncurkan sebagai media dan wadah bagi siswa dan guru. Tujuannya, untuk menumbuhkan keberanian dalam menghasilkan karya literasi yang dapat dibaca dan dinikmati oleh segenap  civitas akademika maupun masyarakat luas.

Kepala MTsN 2 Rembang, Muhammad Yunus Anis mengatakan, website literasi ini adalah sebagai syarat lomba website Literasi tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Nyalanesia.

“Website literasi ini merupakan terobosan baru, untuk memotivasi siswa dan guru dalam berkarya literasi. Sudah saatnya di era digital ini guru dan siswa bukan hanya mampu untuk membaca, menonton, mendengar, dan mencatat saja tetapi juga berani mencipta,” tuturnya. 

Dijelaskan pula oleh Anis, MTs Negeri 2 Rembang melalui Gerakan Menulis Buku telah berhasil menerbitkan buku ber-ISBN dari kumpulan puisi karya siswa dengan melibatkan 50 siswa sebagai pengarang yang dikemas dalam buku antologi puisi “Mengintip Rindu”. 

Selain itu juga buku karya guru yang disusun oleh Slamet Winarto dengan judul buku “Lasem Dalam Sejarah Perkembangan Kerajaan-kerajaan di Jawa”, yang dapat di beli secara online melalui https://nyalagaleri.id/.

Dalam dua bulan ini juga sudah siap terbit  buah novel karya Slamet Winarto dan satu buku Antologi puisi karya Dyna Muffa Sholikhah. “Melalui Nyalanesia sejumlah guru MTs Negeri 2 Rembang juga menghasilkan karya puisi dan artikel yang akan diterbitkan oleh Nyalanesia bersama karya-karya guru secara nasional,” ungkapnya. 

Slamet Winarto, selaku Koordinator Literasi Madrasah menjelaskan bahwa Portal ini tercipta, berkat kerja sama antara MTs Negeri 2 Rembang dan Nyalanesia. Website diluncurkan melalui program Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional yang diselenggarakan Nyalanesia.  MTs Negeri 2 Rembang juga berhasil mendapatkan penghargaan Sekolah Aktif Literasi Nasional. 

“Dengan digitalisasi, pemanfaatan Teknologi Informasi berbasis website diharapkan  dapat diakses oleh guru dan siswa dan publik https://mtsn2rembang.gsmb-indonesia.com. Guru dan siswa dapat mengisi karya foto, video, karya sastra maupun artikel dengan mengusung tema Adaptasi dan Eksplorasi Media Baru,” jelasnya. 

Slamet Winarto juga menyampaikan persyaratan  publikasi konten website literasi. Di antaranya berasal dari warga madrasah yang masih aktif (Guru, siswa, Kepala Madrasah maupun staf Tata Usaha), karya bukan hasil dari plagiat, isi tulisan kreatif dengan menggunakan bahasa Indonesia dan tidak mengandung unsur SARA, pornografi, serta  tidak melanggar hukum negara. (Wient/iq).