MTs Negeri 2 Tegal Siap Laksanakan PAS Gasal

Tegal (Slawi)-Setelah menyelesaikan materi pelajaran semester gasal Tahun Pelajaran 2018/2019, seluruh peserta didik MTs Negeri 2 Tegal akan mengikuti kegiatan Penilaian Akhir Semester Gasal (PAS) yang rencanananya akan dilaksanakan mulai Senin-Sabtu (03-08/12) yang akan datang.

Masing-masing jenjang kelas akan menghadapi 15 mata pelajaran, mulai dari mata pelajaran umum, mata pelajaran agama, hingga muatan lokal.

Ditemui di ruang kerjanya, Jumat (30/11), Sustanto selaku wakil kepala bagian kurikulum menyatakan kesiapan MTs Negeri 2 Tegal dalam penyelenggaraan PAS Gasal kali ini.

“Secara umum kami sudah siap, perangkat ujian sudah lengkap, soal dari KKM MTs sudah datang, tinggal finishing dan pengecekan akhir saja besok (Sabtu, 01/12-red).” Jelasnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan PAS Gasal kali ini, soal yang diujikan sama seperti PAS sebelumnya, yakni berasal dari Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTs Kabupaten Tegal.

“Terkecuali mata pelajaran mulok, misalnya BTQ (Baca Tulis Quran) bagi kelas VII, soalnya disesuaikan dengan madrasah masing-masing.” jelasnya.

Dalam pelaksanaan PAS Gasal kali ini, setiap kelas diawasi oleh 1 orang pengawas, mengawasi kurang lebih sekitar 40 peserta didik yang tempat duduknya diacak berdasarkan jenjang kelas.
“Jadi nanti satu ruangan itu bisa berisi kelas VII┬ádan VIII, kelas VIII┬ádan IX, maupun kelas VII dengan kelas IX. Dengan harapan mereka tidak saling kerjasama maupun mencontek.” ungkapnya.

Rencananya, selepas kegiatan PAS Gasal, akan ada kegiatan classmeeting antar kelas guna mencari bibit-bibit yang mempunyai potensi di bidang akademik maupun non akademik, seperti olahraga.

“Seperti yang sudah saya sampaikan ketika Upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2018 Senin lalu (26/11), kami sudah menyampaikan bahwa setelah kegiatan PAS Gasal, akan ada kegiatan classmeeting yang salah satu potensinya yakni mencari bibit-bibit yang mempunyai potensi di bidang akademik maupun non akademik.” tutupnya. (akb/rf)