MTs Negeri 9 Boyolali Selenggarakan Out Class untuk Program Madrasah Ramah Anak

Boyolali (Humas MTsN9) – Sesuai komitment bersama bahwa tanggal 1 Nopember di jadikan sebagai tonggak keberadaan Sekolah / Madrasah ramah anak ,untuk itu MTs Negeri 9 Boyolali mengadakan program Out Class ( OC )  di lingkungan Madrasah yang melibatkan semua warga madrasah ,sebagian wali siswa dan komite madrasah..

Menurut Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Boyolali, Ali Imron, pengertian mengajar ialah suatu kegiatan mentransfer knowledge (ilmu pengetahuan) kepada orang lain. Sedangkan pengertian mengajar di luar kelas secara khusus adalah kegiatan belajar mengajar antara guru dan murid, namun tidak dilakukan di dalam kelas, tetapi di lakukan di luar kelas atau alam terbuka, sebagai kegiatan pembelajaran siswa. Misalnya, bermain di lingkungan sekolah, taman, perkampungan pertanian, nelayan, berkemah dan kegiatan yang bersifat petualangan, serta pengembangan aspek pengetahuan yang relevan.

“Mengajar adalah mentrasfer Knowledge kepada orang lain, sedangkan mengajar di luar kelas adalah kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di luar kelas” ujarnya

Kegiatan ini di mulai dengan 5s, senyum, salam, sapa, sopan, dan santun. Ketika berada di pintu gerbang madrasah guru menyambut kedatangan siswa dan berjabat tangan. Dilanjutkan dengan sholat dhuha dan doa bersama kemudian menyanyikan lagu indonesia raya 3 stansa. Acara di lanjutkan siwa masuk kelas untuk makan pagi bersama,kemudian keluar dari ruangan cuci tangan dan di lanjutkan membaca bersama (literasi) ,setelah selesai di lanjutkan dengan senam germas dan tanggap bencana.

Kegiatan di lanjutkan dengan menyanyikan lagu maju tak gentar bersama di lanjutkan dengan permainan tradisional.Setelah selesai di lanjutkan dengan pelaksanaan yel –yel Sekolah / Madrasah  Ramah Anak di pimpin oleh seorang siswa. Selanjutnya seluruh masyarakat madrasah menandatangani Deklarasi SRA sebagai bentuk komitment bersama.

Acara di lanjutkan dengan evaluasi kegiatan,ucapan terima kasih kepada seluruh warga madrasah oleh Ali Imron, selaku kepala madrasah. Harapannya kegiatan out class yang diselenggarakan oleh MTsN 9 Boyolali dapat mempererat hubungan antara guru dan murid. Serta menumbuh kembangkan rasa cinta kepada madrasah.(aimron/Jaim)