MTs Negeri Slawi Adakan Tes Psikologi

Tegal (Slawi)- Bekerjasama dengan Laboratorium Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) Kab. Tegal, MTs Negeri Slawi menggelar tes psikologi terhadap 450 siswa kelas 9 Tahun Pelajaran 2017/2018.

Bertajuk mengungkap potensi bakat, dan minat sesuai yang diharapkan kurikulum 2013 pada program peminatan, kegiatan tersebut dilaksanakan di kelas masing-masing pada Sabtu (10/02).

"Seluruh peserta mendapatkan materi tes potensi, sehingga dari tes tersebut bisa kami ungkap kemampuan intelegensia, bakat, dan minat dari masing-masing peserta," demikian dikatakan Rini Widiastuti selaku koordinator, ditemui saat kegiatan berlangsung.

Rini juga menambahkan, tujuan lain diadakannya tes tersebut adalah untuk membantu peserta didik memperoleh informasi tentang dirinya, sehingga mampu memahami kelebihan dan kekurangannya, serta memiliki kemampuan memadukan informasi diri dengan informasi lainnya untuk merencanakan kepeminatannya.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dapat membantu guru BK/Konselor madrasah, guna memperoleh data siswa untuk memperlancar program peminatan sesuai yang diharapkan kurikulum 2013.

"Harapan kami, semoga dari tes ini bisa motivasi peserta didik menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya." pungkas Rini. (Jam-Akb/rf)