MTs Negeri Slawi Meriahkan Peringatan Hari Santri 2017

Slawi – Dalam rangka memperingati Hari Santri Tahun 2017 yang jatuh pada tanggal 22 Oktober. Madrasah Tsanawiyah Negeri Slawi turut meramaikannya dengan pemasangan spanduk ucapan Selamat Hari Santri Tahun 2017. Hal tersebut juga sesuai dengan edaran Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI nomor:22664/SJ/DT.I.V/HM.01/10/2017 tanggal 13 Oktober 2017 tentang Hari Santri Tahun 2017.

“Wajah Pesantren, Wajah Indonesia” merupakan tema Hari Santri Tahun 2017.  Dikutip dari laman nu.or.id, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kamarudin Amin menyampaikan, bahwa dengan tema tersebut menegaskan bahwa pesantren tidak bisa dipisahkan dari fenomena Keislaman, Keindonesiaan, dan Kebudayaan masyarakat Indonesia. Kekhasan inilah yang menjadi kekuatan untuk menopang keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Tema ini menunjukan bahwa pesantren itu darahnya merah putih. Santri religius yang nasionalis. Ini merupakan indentitas santri yang sangat mapan,” ujar Kamaruddin saat Jumpa Pers di Jakarta, Rabu (04/10).

Sementara itu, Asropah, selaku Wakil Kepala Bidang Humas MTs Negeri Slawi menyampaikan tanggapannya ketika diwawancarai oleh Tim Jurnalistik MTs Negeri Slawi, Jum’at (20/10).

“Dalam rangka memperingati Hari Santri Tahun 2017, kami meriahkan dengan pemasangan spanduk yang kami tempatkan di depan gedung madrasah,” ucap Asropah.

Selain dengan pemasangan spanduk, MTs Negeri Slawi juga akan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Santri 2017 yang akan digelar pada Sabtu (21/10), diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan pegawai dengan mengenakan pakaian ala santri.

“Selain itu kami juga akan melaksanakan upacara peringatan hari santri tahun 2017 ini pada sabtu besok. Nanti santri Boarding School MTs Negeri Slawi akan menjadi petugas upacaranya, sekaligus pembina upacaranya juga dari unsur pengurus Boarding School itu sendiri,” pungkasnya. (akb-za/gt)