MTsN 1 Pati Sukses Laksanakan Assesmen Nasional Berbasis Komputer

MTsN 1 Pati Sukses Laksanakan Assesmen Nasional Berbasis Komputer

Pati – MTsN 1 Pati sukses laksanakanAssesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada 6-7 Oktober 2021.Asesmen Nasional merupakan progam penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan progam kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Tercatat sebanyak 50 siswa kelas 8 terdaftar sebagai peserta ANBK di MTs N 1 Pati.

Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati, menuturkan bahwa asesmen nasional berbasis komputer berjalan lancar dan aman. “Alhamdulillah, ANBK berjalan lancar dan aman.” Syafak juga menjelaskan bahwa peserta ANBKtiap madrasah berjumlah 50 siswa dari kelas 8, terdiri dari 45 siswa sebagai peserta utama dan 5 siswa peserta cadangan. “Yang menentukan siapa yang menjadi peserta adalah Kemenag Pusat, data diacak dan diambil dari EMIS, jadi madrasah tidak bisa menentukan sendiri,” imbuhnya. Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa hasil dari ANBK digunakan untuk penilaian komptensi dan kualitas madrasah, bukan untuk menentukan naik atau lulus.

Menambahi pernyataan Syafak,  Ahmad Zainal Arifin, Ketua Panitia ANBK, mengungkapkan jika materi dalam ANBK meliputi literasi, numerasi, dan survey lingkungan. Asesemen literasi dan numerasi dikerjakan oleh siswa, sedangkan suvei lingkungan diisi oleh guru dan tenaga pendidikan.

Dalam pelaksanaannya, ada tiga ruang yang digunakan ANBK. Sebanyak 50 siswa yang mengikuti asesmen terbagi dalam 3 sesi, dan 1 sesi terdapat 15 anak. Meskipun dilaksanakan dalam kondisi pandemi, kegiatan ini berjalan dengan aman, siswa-siswa  tetap menaati protokol kesehatan. Zainal juga menjelaskan bahwa sebelum dilakukan ANBK, pihak madrasah mengadakan bimbingan teknis persiapan ANBK, meliputi simulasi pengoperasian komputer dan pembimbingan teknik menjawab soal literasi dan numerasi. “Ada simulasi pengoperasian komputer dan bimbingan soal literasi dan numerasi, “papar Zainal.

Menurut salah seorang siswa peserta ANBK, Sarah Mauliana, mengungkapkan kegiatan ANBK di MTsN 1 Pati berjalan lancar. “Alhamdulillah, ANBKnya berjalan lancar. Semua teman-teman tetap memakai masker ketika di dalam ruang ujian,” ungkap Sarah.

Selain sukses melaksanakan asesmen literasi dan numerasi, pihak MTsN 1 Pati juga sukses melaksanakan survei lingkungan. Survei lingkungan diikuti oleh seluruh pendidik dan tenaga pendidikan  yang ada di MTsN 1 Pati. Menurut Arum Purnaningtyas, guru MTsN1 Pati, mengungkapkan jika soal yang terdapat dalam survei lingkungan sebanyak 62 soal. “Alhamdulillah, saya sudah berhasil menyelesaikan 62 soal survei lingkungan,” ungkapnya. Arum menambahkan jika dalam survei tersebut, ia membutuhkan waktu yang relatif lama untuk mengerjakan soal karena dibutuhkan pemahaman yang mendalam. (Tim/at)