MTsN 1 Pemalang Deklarasikan Madrasah Ramah Anak

Pemalang – Tanggal 1 November telah ditetapkan sebagai Outdoor Classroom Day (OCD) atau hari belajar di luar kelas. Outdoor learning merupakan aktivitas pembelajaran di luar kelas. Model pembelajaran yang dilakukan di luar kelas dapat membangun makna. Kemudian prosesnya melalui kognitif sehingga berkesan dan diingat lebih lama.
Bertepatan dengan peringatan OCD, MTs Negeri 1 Pemalang mendeklarasikan sebagai Sekolah Ramah Anak. Deklarasi dibacakan oleh Kepala MTsN, Mimbar dihadapan dewan guru dan seluruh peserta didik di halaman madrasah, Kamis (1/11). Piagam deklarasi ditandatangani oleh Mimbar dan perwakilan dari Komite madrasah.
“Warga dunia pada hari ini melaksanakan Outdoor Classroom Day atau hari belajar di luar kelas, begitu pula dengan kita jajaran MTs Negeri 1 Pemalang. Outdoor Classroom Day dalam rangka untuk mewujudkan Sekolah Ramah Anak. Wujud kegiatannya untuk melindungi anak dari kekerasan, diskriminasi yang ujung-ujungnya adalah agar madrasah menjadi bersih, indah, dan nyaman untuk belajar”.
Demikian disampaikan oleh Mimbar dalam sambutannya sebelum membacakan deklarasi. Peringatan OCD di MTsN 1 Pemalang dimulai sejak peserta didik memasuki gerbang MTs. Mimbar bersama dewan guru menyambut peserta didik dengan senyum, sapa, dan salam. Setelah semua peserta didik berkumpul, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.
Acara dilanjutkan dengan sarapan sehat yang diawali dengan cuci tangan dan doa bersama. Peserta didik selanjutnya diarahkan membaca buku di luar kelas dilanjutkan dengan memeriksa lingkungan sekitar sebagai wujud cinta lingkungan.
Selain pembelajaran, peserta didik juga melakukan senam germas dan permainan tradisional. Peserta didik juga melakukan simulasi evakuasi jika terjadi gempa. Sirine dibunyikan sebagai tanda gempa, kemudian peserta didik berlari teratur menuju lapangan berkumpul di titik kumpul. (izin/fi/rf)