MTsN 1 Purbalingga Wakili Jateng di PIRN

Purbalingga – Lembaga Ilmu  Pengetahuan  Indonesia  (LIPI)  bekerjasama  dengan  Pemerintah  Kabupaten  Purbalingga  menyelenggarakan  Perkemahan  Ilmiah  Remaja  Nasional  (PIRN)  XVII  Tahun  2018 pada  tanggal  8 – 15 Juli 2018 di komplek SMK Negeri 3  Purbalingga yang berlokasi di Kelurahan Purbalingga  Lor,  Kecamatan  Purbalingga,  Kabupaten  Purbalingga,  Jawa  Tengah . Kegiatan ini  diikuti  oleh  450  siswa-siswi   SMP/MTs  dan  SMA/SMK/MA,  serta  150  Guru  Pendamping  dari  total  2.047  pendaftar  PIRN se-Indonesia.  Hal tersebut dijelaskan Kepala MTs Negeri 1 Purbalingga, Mundirin saat dikonfirmasi terkait keikutsertaan guru dan siswanya dalam kegiatan tersebut di ruang Humas Kankemenag Kabupaten Purbalingga, Rabu (11/07).

Mundirin merasa bersyukur karena seorang  guru dan dua orang siswanya dapat turut serta dalam ajang belajar  meneliti  terbesar  di  Indonesia tersebut. 

“Alhamdulillah salah satu guru kami, Abas Rosadi dan dua orang siswa kami atas nama Reva Talitha Salsabila dan Ahmad Husain Salim termasuk pendaftar yang lolos seleksi.  Setelah melalui proses seleksi dari LIPI mereka bisa mengikuti kegiatan yang bertempat di SMK Negeri 3 Purbalingga,” jelas Mundirin.

“PIRN merupakan kegiatan  ilmiah  yang  berorientasi  pada  penelitian,  mencakup  bidang  Ilmu Pengetahuan  Sosial  dan  Ilmu  Pengetahuan  Alam. Untuk bidang Ilmu Pengetahuan Sosial peserta dari madrasah kami adalah Ananda Reva Talitha, sedangkan Ananda Ahmad Husain untuk kelompok Ilmu Pengetahuan alam,” sambungnya.

Mundirin menambahkan, dari seluruh pendaftar untuk kelompok guru hanya 2 orang guru Madrasah Tsanawiyah yang lolos seleksi. Yaitu MTs Negeri 1 Purbalingga  dan MTs Negeri 3 Bantul. Sehingga Abas Rosadi  dari  MTs Negeri 1 Purbalingga secara otomatis menjadi wakil seluruh guru MTs di  Jawa Tengah dalam ajang bergengsi tersebut. Untuk kategori siswa,  MTsN 1 Purbalingga juga menjadi satu-satunya wakil Jawa Tengah pada kedua cabang yang dilombakan.

Dukungan Wali Murid

Ahmad Husain Salim, siswa kelas IX MTsN 1 Purbalingga memperoleh pengalaman dan dukungan dari kedua orang tuanya untuk mengikuti kegiatan tersebut. Ayahnya yang bekerja di bidang perikanan memberikan dukungan secara langsung dengan hadir di madrasah dan bekerja sama dalam kegiatan putranya yang meneliti tentang mikroorganisme bioflok. (sar/gt)