MTsN 1 Solo Jawara CRESCENTA 2018

Surakarta – Perhelatan Competition and Creation of Science and Technology in Application (CRESCENTA) yang diselenggarakan oleh Organisasi Pelajar Boarding School (OPBS) MAN 1 Surakarta, Sabtu (24/02) berjalan dengan lancar dan sukses. Perhelatan tersebut merupakan even tahunan bagi siswa setingkat SMP/ MTs sederajat yang sudah memasuki tahun keenam ini diikuti oleh hampir 350 peserta dari 45 sekolah di pulau Jawa.

Menurut wakil kepala bidang kesiswaan, Sri Mulyono, penyelenggaraan Crescenta tahun ini diadakan beriringan dengan kegiatan Campus Expo dan MAPK Fair. "Hari ini (Sabtu, 24/02) CRESCENTA diadakan oleh OPBS, Minggu (25/02) diselenggarakan Campus Expo oleh OSIS dan Senin (26/02),  MAPK Fair yang dilaksanakan oleh OPPK," kata Sri Mulyono disela- sela acara.

Ada tujuh cabang perlombaan yang dilaksanakan yaitu Teknologi Tepat Guna, Lomba Cerdas Cermat, Olimpiade Matematika, Olimpiade IPA terpadu, Desain Grafis, Ranking 1, dan Mading 3 Dimensi. “Untuk cabang olimpiade matematika dan teknologi tepat guna, juri berasal dari perguruan tinggi, hal ini sebagai upaya agar penilaian lebih valid dan fair,” terangnya.

Kepala MAN 1 Surakarta Slamet Budiyono mengatakan, kegiatan CRESCENTA ini sebagai upaya meneguhkan posisi MAN 1 Surakarta sebagai madrasah yang unggul di bidang agama, sains dan ketrampilan. "MAN 1 Solo adalah madrasah yang sangat komplit karena di dalamnya ada program keagamaan, reguler-fullday, boarding school, dan workshop," urai Budiyono.

Pada kesempatan yang sama saat membuka secara resmi kegiatan ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta Muslim Umar, menyambut gembira penyelenggaraan CRESCENTA ini. " CRESCENTA adalah salah satu kegiatan unggulan di MAN 1 Solo. Apalagi tahun ini pesertanya merata dari seluruh pulau Jawa, bukan Cuma di Jawa Tengah saja. Saya berharap kegiatan ini terus ditingkatkan, baik dalam hal penyelenggaraan maupun jumlah peserta, dan jika memungkinkan setingkat nasional," kata Muslim Umar.

Setelah melalui tahapan lomba yang sangat ketat, tampil sebagai jawara adalah MTs Negeri 1 Surakarta yang merajai hampir di semua cabang lomba. Ini adalah juara umum CRESCENTA ketiga kalinya setelah penyelenggaraan tahun 2016, 2017, dan sekarang 2018. (rma/gt)