MTsN 2 Gelar Upacara Hari Santri

MTsN 2 Rembang – Dengan merajuk tema “Santri Siaga Jiwa dan Raga” yang dilansir dari Kementerian Agama memberi warna tersendiri dalam peringatan Hari Santri Nasional 2021 yang digelar di lapangan MTs Negeri 2 Rembang.

Upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun ini tidak hanya diikuti oleh Guru dan staf Tata Usaha tetapi juga siswa yang telah melaksanakan PTM terbatas.


Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kepala MTs Negeri 2 Rembang, Muhammad Yunus Ania. Dalam amanatnya, Anis menyampaikan tentang betapa besar andil para santri dalam perjuangan merebut kemerdekaan.


Peringatan Hari Santri ini menjadi menjadi hal yang penting karena tujuannya adalah untuk mengingatkan kembali kepada generasi muda tentang resolusi jihad KH Hasyim Asyari dalam menggerakkan santri, pemuda, serta masyarakat untuk bergerak secara bersama, berjuang melawan pasukan kolonial yang puncaknya terjadi pada 10 November 1945 silam.


“Ini adalah upacara peringatan hari santri kedua yang kita laksanakan selama masa pandemi covid-19,” ucap Yunus memberi keterangan.


“Pelaksanaan upacara ini merupakan bentuk wujud penghargaan dan dukungan pada santri, kyai dan ulama di negara kita. Harapannya, terwujud santri yang sehat dalam rangka mewujudkan Indonesia yang kuat sesuai dengan tema peringatan Hari Santri yakni “Santri Siaga Jiwa dan Raga,” Ujar Yunus.


Pelaksanaan upacara ini juga dilakukan secara virtual melalui zoom sehingga siswa yang melaksanakan belajar di rumah juga bisa mengikuti upacara. Muhammad Nabil Yazdad Fahma, salah satu siswa yang mengikuti upacara virtual menyampaikan rasa senang dan bangga bisa mengikuti upacara peringatan Hari Santri tahun 2021. “Kita lama tidak mengikuti upacara secara langsung” kata Nabil.

Lebih lanjut Nabil menyampaikan, walaupun hanya melalui virtual namun tidak mengurangi makna peringatan hari santri. Ia mewakili peserta yang lain juga turut mengucapkan Selamat Hari Santri Tahun 2021. (Wient)