MTsN 2 Sukoharjo Juara II Krenova 2021

Sukoharjo – Prestasi membanggakan berhasil diraih oleh MTs Negeri 2 Sukoharjo dalam ajang Lomba Krenova (Kreativitas dan Inovasi) 2021 tingkat Kabupaten Sukoharjo. Prestasi tersebut dipersembahkan oleh dua siswi MTs Negeri 2 Sukoharjo, Annisa Niswatin Hasanah dan Efika Nurhayati meraih juara 2 Krenova 2021 tingkat Kabupaten Sukoharjo). Keduanya berhasil menyabet juara II dengan membuat rekayasa Smart Chicken Coop (SCC).

Dijelaskan oleh Anisa dan Efika bahwa SCC berperan untuk memperkecil biaya produksi, efisiensi produksi, dan hasil unggas bermutu tinggi. Menurut keduanya, keberadaan SCC dapat membantu peternak untuk mengatur suhu kandang, kebutuhan pakan, kualitas makanan secara otomatis berbasis Internet of Things.

Prinsip kerja dari alat ini adalah ketika sensor suhu membaca suhu udara maka sistem akan otomatis berjalan sesuai yang dibutuhkan. Ketika suhunya panas maka kipas pendingin akan menyala. Sedangkan ketika suhunya dingin lampu bohlam akan menyala agar menghangatkan ternak. Sistem juga dilengkapi dengan teknologi internet of things yang terkoneksi ke web Cayenne dalam menampilkan hasil pembacaan suhu, tampilan pakan dan kontroling untuk menyalakan dan mematikan lampu serta kipas lewat web,” terang  Efika.

Pembimbing lomba, Sahadi,saat ditemui diruang kerjanya Senin (30/08) menuturkan bahwa persiapan yang dilakukan dalam mengikuti Lomba Krenova ini cukup panjang sejak 10 Maret 2021, tim dari MTs Negeri 2 Sukoharjo telah melewati pemberkasan dan penyeleksian hingga masuk ke babak finalpada 20 –  27 April  2021 yang digelar di Bappeda Sukoharjo.

Dengan predikat juara II Krenova tingkat Kabupaten Sukoharjo, tim dari MTs Negeri 2 Sukoharjo berhak mendapatkan hadiah pembinaan sebesar Rp 5.000.000 dan piagam Bupati.

Sementara itu, Kepala MTs Negeri 2 Sukoharjo, Amiruddin menyampaikan rasa bangganya atas prestasi yang didapatkan oleh siswa MTs Negeri 2 Sukoharjo. Ia juga menaruh harapan pada siswa-siswi untuk terus berprestasi diberbagai bidang.

“Alhamdulillah kami sangat bangga kepada anak-anak kami MTs Negeri 2 Sukoharjo. Mereka bisa memperoleh juara II Krenova tingkat Kabupaten, dan mengalahkan para pelajar tingkat SMA dan SMK. Semoga kedepan bisa lebih baik lagi,” tandasnya. (ek/djp/rf)