MTsN 3 Cilacap Galakkan Sholat Dhuha Berjamaah

Cilacap – Dalam menanamkan pendidikan nilai-nilai karakter pada diri peserta didik tentunya, seorang guru dituntut untuk memperhatikan kepribadian peserta didiknya. Hal ini diperlukan agar peserta didik mampu memahami dan merasakan serta mengerjakan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat kelak.

Salah satu pendidikan  karakater yang dapat dilakukan adalah dengan membiasakan shalat dhuha berjamaaah. Dampak pembiasaan sholat dhuha terhadap pembinaan akhlak sangat baik terlihat pada perilaku produktif dalam pemanfaatan waktu, hormat, disiplin, murah hati, dan peduli sesama. Peserta didik dapat mengontrol emosi atau amarah, selain itu pikiran dan hati peserta didik juga menjadi lebih tenang, sehingga akan memperlancar proses belajar. Menahan amarah yaitu upaya menahan emosi, agar tidak dikuasai oleh perasaan marah terhadap orang lain.

Kepala MTsN 3 Cilacap, Kusnandar,  mengatakan, pelaksanaan sholat dhuha tersebut sudah menjadi kegiatan rutin bagi seluruh siswa siswi dan MTsN 3 Cilacap. Membiasakan dan melatih siswa menjalankan ibadah sholat sunnat yang sangat bermanfaat bagi siswa. Kegiatan ini diikuti sekitar 750 siswa.

"Kita berharap dengan membiasakan sholat dhuha kepada siswa di madrasah, maka lulus dari MTsN 3 Cilacap siswa rutin menjalankannya di rumah. Selain sholat dhuha, kita juga melaksanakan sholat dzuhur berjamaah secara bergiliran per kelas karena mushola kita tidak muat menampung semua siswa," Katanya, Jumat (2/3)

Pada kesempatan itu juga dia menjelaskan banyak keutamaan ketika orang menjalankaan ibadah sholat dhuha. Selain sebagai sedekah, sholat dhuha juga sebagai investasi amal cadangan yaitu dapat menyempurnakan sholat wajib, mendapatkan keuntungan yang besar, dicukupi kebutuhan, diampuni dosa walau sebanyak bui di laut dan Allah akan membangun istana di syurga bagi yang gemar sholat duha.

"Manfaat sholat dhuha untuk kesehatan jasmani, dimana gerakan sholat dhuha yang dilaksanakan pada pagi hari ketika matahari memancarkan sinar yang baik untuk kesehatan. Ditambah kualitas udara yang masih baik dan diawali dengan wudhu yang baik dapat meningkatkan kesehatan," tambahnya.

Shalat dhuha ini dilaksanakan setiap hari pukul 07.05 WIB di Mushola madrasah, setelah selesai pelaksanaan shalat dhuha dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-qur’an secara bersama-sama satu hingga 15 ayat setiap harinya.

Berbeda dengan hari lainnya, setiap hari jum’at selesai melaksanakan shalat dhuha dilanjutkan dengan pembacaan surat yasin dan do’a secara bersama yang di pimpin oleh Murtaqi, selaku pembina ibadah MTsN 3 Cilacap. Pelaksanaan shalat dhuha bagi siswa siswi MTsN 3 Cilacap ini dilaksanakan dalam dua gelombang   mengingat mushola madrasah sudah tidak mampu lagi menampung siswa siswi yang berjumlah lebih dari 750 orang. Pihak madrasah melalui pembina ibadah sangat menharapkan bantuan pembangunan mushola yang dapat menampung siswa siswi sekitar 750 siswa dari pemerintah.(muslich/bd)