MTsN 3 Sragen Bangga Dengan Julukan Madrasah Pramuka

Sragen – Madrasah Pramuka, demikian kiranya julukan yang tepat untuk MTsN 3 Sragen. MTs yang berada di Kecamatan Sumberlawang ini selalu menghasilkan juara dalam lomba pramuka tingkat kabupaten maupun tingkat karesidenan bahkan provinsi. Memang tidak hanya lomba kepramukaan yang diraihnya, namun di bidang kepramukaan, MTsN Sragen selalu menonjol prestasinya. Demikian pula saat mengikuti Boys Scout Jamboree Of RAD yang dilaksanakan selama dua hari Ahad – Senin (22-23 Juli) di Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta, madrasah ini juga mengukir prestasi membanggakan.

Kepala MTsN Sragen, Ali Mahfudz mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih kepada para siswa dan pembina pramuka yang telah bekerja keras untuk meraih prestasi tersebut. Demikian diungkapkan Ali Mahfudz  kepada para guru saat mengetahui keberhasilan siswanya pada  Boys Scout Jamboree Of RAD, Senin (23/07).

“Alhamdulillah, dari tahun ke tahun kita selalu memperoleh hasil yang memuaskan. Terlebih pada pada lomba pramuka yang diadakan UMS, kita selalu bisa tersenyum,” kata Ali Mahfudz dengan bangga.

Boys Scout Jamboree Of RAD merupakan suatu kegiatan yang sangat bergengsi di bidang pramuka yang diikuti Gugus Depan Pramuka Penggalang se Jawa Tengah . Kegiatan ini merupakan Perkemahan Penggalang-Penegak yang diselenggarakan oleh Racana Ki/Nyi Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta yang dahulunya bernama GTTT (Galang Tangkas Temu Tegak).

Samin selaku Pembina pramuka mengungkapkan dirinya mempersiapkan siswanya sejak dini, karena madrasah selalu menarget menjadi yang terbaik. Dirinya bersama para pembina yang lain rutin menggelar latihan minimal seminggu sekali, dan akan menambah latihan apabila menghadapi lomba-lomba.

“Lomba lomba pramuka merupakan lomba yang telah menjadi agenda rutin tahunan, sehingga kami selalu menyiapkan sejak dini, apalagi madrasah selalu menargetkan menjadi juara dalam lomba yang diikuti khususnya dalam lomba pramuka,” kata Samin yang juga merupakan guru BK.

Dalam lomba selama 2 hari itu akhirnya MTsN 3 Sragen berhasil menjadi juara umum ke 3 dengan meraih 6 kejuaraan, yakni juara 1 lomba 5K putri, juara 3 lomba PBB putri, juara 1 lomba PBB putra, juara 2 lomba 5K putra, juara 3 lomba pioneering putra dan juara 3 lomba scout game putra. (evi-ira/Wul)